Sukses

Amankah Duduk di Dudukan Toilet Umum?

Toilet memang penuh kuman, namun bukan berarti dengan mendudukan pantat ke dudukan toilet membuat bakteri masuk ke dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para perempuan kerap dihadapi ketakutan akan banyaknya kuman yang ada di toilet umum jenis duduk. Banyak yang ragu apakah harus menempelkan pantat pada dudukan yang sudah dipakai ratusan bahkan ribuan orang. Bahkan, 60 persen orang Amerika memiliki ketakutan menduduki dudukan toilet.

Toilet, apalagi toilet umum memang penuh dengan kuman. Namun bukan berarti dengan mendudukan pantat ke dudukan toilet akan membuat bakteri masuk ke dalam tubuh. Satu-satunya cara bakteri masuk ke dalam tubuh dengan masuk ke tubuh lewat bagian yang terbuka. Selama kulit tidak luka, akan sulit bagi bakteri untuk masuk ke dalam tubuh seperti dilansir dari laman Good Housekeeping pada Senin (1/12/2014).

Saat kursi terlihat benar-benar kotor, pastikan untuk mengelapnnya atau melapisi dengan tisu yang tersedia.

Menurut Travis Stork, MD dari Emergency Medicine Physician, bukan dudukan toilet yang sebenarnya ditakutkan membawa kuman penyebab penyakit pernapasan dan diare melainkan gagang pintu dan putaran kran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.