Sukses

Tak Cuma Bikin Tenang, Musik Punya 4 Manfaat Hebat Lain

Tak dipungkiri kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh musik. Mulai dari menenangkan diri hingga membuat semangat berolahraga.

Liputan6.com, New York Tak terbayangkan bagiamana jadinya jika tak ada musik di dunia ini. Membosankan dan hambar mungkin. Musik memang menjadi bagian penting dalam kehidupan mulai dari memengaruhi seseoarang jadi lebih tenang saat mendengarkan lagu bertempo lambat atau jadi semangat saat mendengarkan lagu bertempp cepat.

Tak cuma itu, berikut empat manfaat lain musik bagi kehidupan seperti dilansir dari Time pada Senin (1/12/2014).

1. Ringankan rasa sakit
Menurut sebuah studi dalam jurnal Frontiers in Psychology ditemukan fakta baru ketika pasien mengalami rasa sakit di bagian tubuh akan berkurang ketika mendengarkan musik pop dan klasik.

2. Bantu lebih fokus
Jika esok hari Anda akan ujian, coba belajar dengan mendengarkan lagu Bach. Menurut studi dari Stanford University School of Medicinie 2007 musik membantu seseorang untuk lebih memerhatikan dan menyimpan ingatan ke dalam memori otak lebih baik.

3. Tingkatkan semangat berolahraga
Saat tak semangat berolahraga coba pasang musik berirama beat cepat seperti lagu Shake It Off milik Taylor Swift atau Megan Trainor dengan All About The Bass. Mendengarkan musik sambil berolahraga membuat kegiatan ini jadi menyenangkan dan juga lebih giat berolahraga.

4. Menjadikan hari lebih semangat
Menurut sebuah studi tahun 2011, mendengarkan lagu klasik tertentu akan membuat seseorang menghasilkan hormon dopamin, hormon yang membuat hadirnya rasa bahagia. Coba dengarkan lagu Clair de Lune milik Claude Debussy, New World Symphony—Movement 4 dari Antonin Dvorak, and First Breath After Coma dari Alexander Keats.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.