Sukses

Ingin Meditasi Tapi Sulit Fokus? Ini Caranya

Meditasi tak selalu duduk diam dan menutup mata, ada banyak cara lain untuk bermeditasi.

Liputan6.com, New York Meditasi beberapa menit saja bisa membuat pikiran lebih tenang. Dengan pikiran tenang, penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan kreativitas, mengurangi gejala kecemasan dan deperesi bahkan dapat meningkatkan ketepatan dalam pengambilan keputusan.

Banyak sekali bukan manfaat dari meditasi, namun bagi Anda yang sulit fokus hal ini jadi tantangan tersendiri. Berikut empat cara dari guru meditasi sekaligus profesor kedokteran, Amit Sood agar  agar lebih mudah menjalani meditasi seperti dilansir dari Time pada Senin (1/12/2014).

1. Pilih meditasi dengan aktivitas yang Anda sukai
Meditasi bukan berarti harus duduk diam di sudut sambil memejamkan mata menurut dokter Sood. Anda bisa memasukkan meditas dalam kegiatan sehari-hari seperti saat berolahraga tanpa mendengarkan Ipod melainkan merasakan setiap derap langkah kaki berlari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersyukur

2. Bersyukur
Cukup dengan dua menit adalah dengan bersyukur selama dua menit. Mulai saja dengan mensyukuri kehidiran lima orang yang Anda syukuri dalam hidup. Dengan membangkitkan gambaran orang-orang baik dalam hidup Anda ini artinya membawa energi positif bersama Anda sepanjang hari.

3. Mulai dari meditas dalam langkah kecil
Cukup sediakan waktu 2-3 menit untuk memulai meditasi di awal kebiasaan ini. Untuk mempermudah melakukan hal tersebut dokter Sood meminta Anda duduk tenang lalu bernapas dalam-dalam lalu bayangkan cahaya memasuki pikiran Anda. lalu Buang napas. tarik napas lagi dan bayangkah hati Anda diisi oleh cahaya. Ulangi lagi hingg 2-3 menit.

4. Mendoakan orang lain
Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, seperti mendoakan untuk kebaikan banyak orang akan menghapus rasa permusuhan atau daya saing. Hal ini meningkatkan energi positif hadir dalam pikiran Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini