Sukses

Sosialisasi HIV AIDS Wajib Ada di Acara Orientasi Mahasiswa Baru

Hari AIDS Sedunia: Agar pengetahuan tentang HIV AIDS dapat dipahami dengan benar maka 5 Kementerian menandatangi kesepakatan.

Liputan6.com, Jakarta Tepat tanggal 1 Desember 2014 diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Meskipun demikian, pengetahuan remaja terhadap bahaya dari HIV AIDS masih begitu minim. Ini membuat 5 kementerian menandatangani kesepakatan bersama untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang hal tersebut.

Selain itu, lima Kementerian yang terdiri dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, serta Kementerian Agama ini memperkuat komitmen nasional dalam upaya pengendalian HIV dan AIDS di kalangan orang muda.

Ada pun kesepakatan itu sebagai berikut, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Senin (1/12/2014):

1. Kemendikbud mewajibkan pada setiap orientasi mahasiswa baru dilakukan sosialisasi mengenai HIV/AIDS dan peserta diminta mengisi kuesioner. Selain itu, telah dilakukan pula sosialisasi mengenai HIV/AIDS ke anak SD dan SMP.

2. Kementerian Agama mengupayakan sosialisasi tentang HIV/AIDS pada pasangan usia subur di Provinsi DI Yogyakarta.

3. Kemendagri telah melakukan sosialisasi dan penerbitan peraturan terkait kepada seluruh kepala daerah sehingga para kepala daerah harus memerintahkan jajaran di bawahnya untuk melaksanakan program tersebut.

4. Kemensos menyiapkan modal dan usaha untuk ODHA dan keluarganya setelah sebelumnya diberi pelatihan.

Selamat Hari AIDS Sedunia! Semoga pengidap HIV AIDS dapat menurun di tahun-tahun mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini