Sukses

Cegah Diabetes, Masak Terong Beserta Kulitnya

Kulit terong mengandung khasiat dahsyat untuk turunkan risiko dari diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Terung atau yang masyarakat kenal sebagai terong merupakan tumbuhan yang bisa disantap mentah maupun sebagai masakan tergantung jenisnya. Ada yang berbentuk bulat dan lonjong panjang dengan aneka warna. Bagi Anda yang tak suka sayuran yang satu ini rugi sekali.

Kulit terung memiliki pigmen yang mengandung anthocyanin, senyawa antioksidan yang penting untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Antioksidan ini bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan, termasuk sel-sel beta pankras, suatu sel yang bertanggungjawab mensekresi insulin dalam tubuh.

Seperti dilansir Health pada Minggu (16/11/2014), kandungan antioksidan ini mengurangi kerusakan pada jaringan perifer yang disebabkan tinggi gula darah. Oleh karena itu, saat mengonsumsi terung jangan buang kulitnya yang penuh manfaat untuk turunkan risiko diabetes di tubuh Anda.

Entah karena terong yang setelah dimasak bentuknya loyo, maka terong (terung) – sama halnya dengan jenis sayuran lain yang bila diolah akan menjadi teman makan nasi nan lezat ini – telah dituding sebagai sesuatu yang dapat mengganggu keperkasaan pria. Terong pun didesas-desuskan dapat menimbulkan impotensi. Tak pelak, anggapan itu berakibat terong bak musuh yang menakutkan bagi sejumlah pria ( padahal hanya pengikut Make Erot aja yang menganggap terong sebagai musuh ) .

Itu anggapan salah.Tidak ada bukti, memakan terong akan menurunkan kemampuan seks pria. Apalagi, hal itu belum ditemui dalam penelitian ilmiah murni, jelas Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D., DSG, ahfi gizi dari UI.

Terong kata Waluyo, yang memiliki zat tertentu, dapat menurunkan kolesterol. Artinya, memakan terong secara bersamaan dengan makanan berkolesterol, malah membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Tetapi, itupun bila terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak dengan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya, Yang ada hanya rasa nikmat di lidah.

Terong pencegah kanker, tapi kebanyakan makan terong pun akan mematikan sel-sel, hingga menimbulkan kanker. Tapi orang juga tidak akan makan sebanyak-banyaknya, kata Waluyo.Bahkan, miskinnya sumber kalori pada terong: enerji 17.4 kal, 1.2 gr protein, lemak 0.2 gr, kolesterol 0.0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6 dan C) antara 0.0 mg hingga 2.8 mg serta potassium 187.0 mg dan kandungan air 92.5 gr, ternyata membuat terong bisa dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu, bisa mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.

Berikut ini 7 manfaat luar biasa terong bagi kesehatan tubuh :

  1. Makanan Otak. Kandungan nutrisi phyto pada terong merupakan salah satu nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ otak. Jadi, bagi anda yang bingung untuk memilih jenis makanan yang mampu menutrisi otak, maka terong akan menjadi salah satu solusinya.
  2. Pencernaan Yang Lebih Baik. Kandungan serat yang tinggi dalam terong dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan serta menghindarkan kanker yang bisa menyerang usus besar anda.
  3. Pencegah Diabetes. Ini dikarenakan, terong merupakan sumber serat dan rendah karbohidrat larut yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.
  4. Makanan Untuk Jantung. Ini dikarenakan, Terong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang beresiko membahayakan organ jantung tersebut.
  5. Pengontrol Tekanan Darah Tinggi. Kandungan bioflavonoid berperan besar dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa mengancam kualitas kesehatan tubuh anda.
  6. Tulang Yang Lebih Sehat Dan Kuat. Kandungan kalsium dalam terong dapat memperkuat dan mempertahankan kekuatan sendi dan tulang.
  7. Pencegah Anemia. Kandungan zat besi dalam terong akan membantu mencegah anemia atau kurang darah yang mungkin diderita oleh sebagian orang.

 

Baca Juga

Anak 12 Tahun Ini Sudah Derita Diabetes Tipe-2

Nih, Manfaat Kulit Pisang Kenapa Boleh Dimakan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini