Sukses

9 Cara Hewan Peliharaan Meningkatkan Hidup Kita

Memiliki hewan peliharaan ternyata banyak manfaatnya, apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta November merupakan bulan mengadopsi hewan peliharaan. Seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com, Sabtu(15/11/2014), mengadopsi hewan peliharaan tidak hanya baik untuk si hewan lucu tersebut melainkan juga baik untuk diri Anda. Berikut adalah ulasan berdasarkan penelitian bahwa ada 9 cara hewan peliharaan meningkatkan hidup manusia yang mereka temani:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1-3

Mereka Dapat Membantu Meningkatkan Harga Diri

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul `Journal of Personality and Social Psychology` menunjukkan bahwa harga diri orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung lebih kuat. Terlebih lagi, jika orang tersebut merupakan esktrovet dan tidak penakut dibanding orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Mengurangi Risiko Alergi

Studi menyarankan bahwa berdekatan dengan hewan peliharaan dapat menurunkan risiko alergi di kemudian hari. Penelitian yang dilakukan pada orang usia dewasa muda, sekitar 50 persen dari mereka adalah orang yang memiliki hewan peliharaan dan mereka cenederung tidak memiliki alergi.

Mengurangi Sisi Negatif

Berdasarkan studi dari 97 pemilik hewan peliharaan, mereka tidak mengalami pengalaman negatif saat bersosialisasi dengan orang. Mereka justru menanyakan bagaimana hewan peliharaan dan sahabat dari orang yang melakukan survei (kelompok kontrol). Mereka terlihat sangat bahagia.

3 dari 4 halaman

4-6

Mengurangi Rasa Kesepian

Satu studi mengatakan bahwa sangat efektif menjadi hewan peliharaan sebagai teman. Mereka saling menguat satu sama lain. Nampaknya, manusia tidak tergantung dengan hewan peliharaan ketika mereka sedang terpuruk. Mereka lebih senang memposisikan hewan peliharaan sebagai teman yang selalu menemani.

Merasa Didukung

Tak hanya merasa bahwa hewan peliharaan mereka sebagai teman, tetapi sebagian orang merasa mereka adalah anggota keluarga. Anggota keluarga yang selalu ada untuk mendukung si pemilik. Mereka akan semakin dekat dengan hewan peliharaan jika mereka juga dekat dengan keluarga.

Membantu Kita Menjaga Kesehatan

Hewan peliharaan kerap kali meminta perhatian dari Anda. Akibatnya, Anda tidak bisa lama-lama duduk di sofa atau bahkan menonton televisi selama berjam-jam. Membawa hewan peliharaan berlari pagi akan meningkatkan kesehatan dan mood Anda.

4 dari 4 halaman

7-9

Mengurangi Stres

Sebuah studi menunjukkan bahwa hewan peliharaan lebih efektif mengurangi stres dan membuat kita nyaman dibandingkan teman maupun pasangan. Rasa sayang mereka tidak beralasan dan hal tersebut membuat dukungan lebih terasa.

Orang Makin Tertarik Pada Kita

Penemuan sebuha studi mengemukakan bahwa memiliki hewan peliharaan bisa meningkatkan hubungan kita dengan orang lain dan menarik orang untuk datang ke kita. Hewan peliharaan merupakan topik alami dan bisa menarik orang yang senang dengan hewan peliharaan kita.

Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

Hewan lebih efektif menurukan tekanan darah dibanding obat-obatan. Terlebih lagi, memang hewan peliharaan yang sudah terlatih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.