Sukses

Resep Masakan Sehat di Hari Ayah

Berikut adalah resep masakan sehat yang dapat Anda hidangkan pada Hari Ayah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperingati Hari Ayah adalah dengan makan bersama keluarga. Tentu, lebih nikmat jika makanan yang disantap adalah buatan sendiri. Nah, berikut adalah salah satu resep masakan sehat yang cocok dihidangkan pada Hari Ayah. Resep masakan seperti dilansir dari EatingWell pada Rabu (12/11/2014) ini dinamakan "Grilled Filet Mignon with Herb Butter & Texas Toasts".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan yang Diperlukan

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan ini adalah:

- 1 sendok mentega

- 3 sendok minyak zaitun

- 1 sendok makan cincangan daun bawang segar

- 1 sendok makan biji capers, cincang

- 3 sendok teh oregano, cincang

- 1 sendok teh parutan kulit lemon

- 1 sendok teh jus lemon

- 3/4 sendok teh garam kosher

- 1/2 sendok teh lada

- 1 sendok makan cincangan daun rosemary

- 2 siung bawang putih, cincang

- Daging sapi bagian pinggang (tenderloin) dengan tebal sekitar 1 1/2 inci, potong menjadi 4 bagian

- 4 iris roti gandum

- 4 cangkir cincangan selada air

3 dari 3 halaman

Cara Membuat

Cara Membuat

1. Panaskan panggangan.

2. Buat mentega menjadi lunak dan lembut menggunakan punggung sendok. Setelah itu campurkan dengan 2 sendok teh minyak hingga tercampur. Masukkan daun bawang, cincangan biji capers, 1 sendok teh oregano, 1/2 sendok teh lemon, jus lemon, 1/2 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica. Tutup campuran tersebut dan simpan dalam lemari es.

3. Campurkan sisa 1 sendok teh minyak, 2 sendok teh oregano, 1/2 sendok teh lemon, 1/4 sendok teh garam dan merica, rosemary dan bawang putih cincang dalam mangkuk kecil. Oleskan campuran ini pada daging sapi. Oleskan juga sisi-sisi roti dengan bawang putih.

4. Panggang (grill) daging sapi 3-5 menit per sisi dengan kematangan medium-rare. Panggang juga roti dengan waktu antara 30 detik sampai 1 menit per sisi. Kemudian, bagi cincangan selada air dalam 4 piring. Angkat dan taruh roti dan steak di atasnya. Taburkan campuran mentega yang disimpan dalam  lemari es di atas steak dan biarkan selama 5 menit sebelum disajikan.

Total, Anda akan menghabiskan waktu selama 45 menit untuk membuat resep masakan ini. Sebagai tambahan, satu porsi steak memiliki kandungan 292 kalori, 14 gram lemak, 80 mg kolesterol, 15 gram karbohidrat, 29 gram protein dan 5 gram serat. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.