Sukses

Konsumsi Sosis Tingkatkan Risiko Kematian, Waspada

Sering makan sosis serta daging olahan lain berpotensi tingkatkan risiko kanker pankreas.

Liputan6.com, Jakarta Saat tak ada makanan lain di rumah banyak orang yang memilih untuk menggoreng nugget, sosis, bacon atau daging olahan lain. Jika jarang-jarang mengonsumsinya tak masalah, namun jika mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari atau sama dengan satu sosis meningkatkan risiko terkena kanker pankreas sebesar 19 persen.

Lalu, bagi yang mengonsumsi dua kali lipat jumlah di atas risiko melompat menjadi 38 persen. Meskipun angka risiko penyakit kanker pankreas relatif rendah, saat didiagonosi umumnya sudah pada stadium lanjut yang mengakibatkan 80 persen kematian.

Data ini didapatkan setelah peneliti dari Karolinksa Institute di Stockholm, Swedia melakukan penelitian terhadap 6.643 kasus pankreas yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer.

"Dari meta-analisis menunjukkan bahwa konsumsi daging olahan berhubungan positif dengan risiko kanker pankreas," kesimpulan penelitian ini seperti dilansir dari laman Telegraph pada Senin (11/10/2014).

 

Baca Juga

Kanker Pankreas, Penyakit 'Diam' yang Merenggut Nyawa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini