Sukses

Resep Ampuh Bebas Sakit di Musim Hujan

Lakukan enam langkah bebas sakit di musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah beberapa bulan menghadapi musim kemarau kini akhirnya beberapa wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Namun Anda harus waspada menghadapi musim ini, ada banyak penyakit yang berkembang seperti flu, demam dan aneka virus lain.

"Musim hujan membuat kuman dan bakteri berkembang lebih cepat karena kondisi yang cenderung basah. Selain itu, hujan membuat kelembapan tinggi yang membuat sistem pencernaan menjadi lamban," ungkap ahli gizi Pallavi Srivastava.
Mengubah gaya hidup Anda dapat membuat penyakit enggan menghampiri di musim hujan seperti yang dilansir dari idiva pada Senin (10/11/2014) berikut ini.

1. Usahakan makan di rumah
Aneka gorengan, mi ayam, bakso pinggir jalan memang menggoda di saat musim hujan seperti ini. Namun umumnya makanan tersebut mengandung bakteri yang dapat sebabkan gangguan pencernaan. "Hindari makan segala jenis makanan mentah atau buah potong selama hujan karena banyak kuman. Selain itu, jangan minum air bukan dalam kemasan di warung karena membawa penyakit seperti disenteri dan kolera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera mandi

2. Usai kehujanan segera mandi
Menurut dokter Ashish Patel jika kehujanan saat pergi segera langsung mandi sesaat sampai rumah untuk melindungi diri dari infeksi. Sleain itu, hindari masuk ruang ber-AC dengan rambut dan pakaian basah untuk mencegah demam.

3. Cukup minum
Udara dingin saat musim hujan memang membuat enggan untuk minum banyak air. Selain air mineral bisa juga minum teh herbal seperti teh melati, teh chamomile maupun teh hijau untuk membuat sehat dan melawan infeksi. Sebisa mungkin hindari minum kopi karena bisa mengeringkan cairan dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Jaga kebersihan

4.  Jaga kebersihan rumah
Pastikan rumah bersih selama musim hujan untuk menghindari rumah dari nyamuk dan aneka bakteri lain.

5. Berolahraga teratur
"Jika tidak bisa berolahraga keluar rumah karena jalanan becek maupun sedang hujan Anda tetap bisa berolahraga di dalam rumah, seperti pilates atau yoga," ujar ahli gizi dokter Shilpa Timane.

6. Perbanyak sayuran berwarna dan hijau
Konsumsi sayuran berwarna dan hijau sebagai menu sehari-hari. Makanan ini membuat Anda tetap fit selama musim hujan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini