Sukses

6 Langkah Bebas Pilek di Musim Hujan

Lakukan ini sebelum pilek dan batuk datang mengganggu aktivitas Anda.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir, hujan sudah mengguyur beberapa daerah di Indonesia. Penyakit khas pergantian musim seperti flu dan batuk kini mudah ditemui menimpa teman maupun anggota keluarga di sekitar.

Sebelum Anda jatuh sakit penyakit tersebut, sebaiknya tingkatkan daya tahan tubuh untuk membentengi tubuh dari aneka penyakit. Dilansir CNN pada Senin (10/11/2014) lakukan enam hal berikut untuk bebas batuk dan pilek di musim hujan.

1. Tidur cukup
Studi menemukan fakta bahwa kekurangan tidur bisa menurunkan jumlah T-sel, sehingga mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit yang disebabka oleh patogen.

2. Jalan kaki
Olahraga tak harus menjadi anggota pusat kebugaran, cukup dengan berjalan kaki setiap hari selama 20 menit sudah mampau memperkuat kemampuan tubuh melawan penyakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan sayur

3. Perbanyak makan sayur
Pakchoy, brokoli, kale dan aneka sayuran hijau lainnya membantu sistem kekebalan tubuh yang ada di usus berfungsi dengan baik.

4. Meditasi 3 menit tiap pagi
Cukup sediakan waktu tiga menit saja setiap pagi untuk terhindar dari flu. Kesadaran positif yang dihasilkan dengan meditasi memengaruhi daya tahan tubuh. Menurut sebuah studi, peserta penelitian yang bermeditasi selama delapan minggu imun tubuh untuk penyakit flu meningkat.

3 dari 3 halaman

Tertawa

5. Tertawa
Hidup bahagia dengan sering tertawa mengaktikan T-sel yang dapat meningkatkan produksi antibodi. Bisa dengan tertawa bersama teman, menonton acara lucu. Semakin banyak tertawa, kekebalan tubuh semakin baik.

6. Jangan stres
Saat stres, tubuh akan sulit menghasilkan imun tubuh yang baik karena pada hormon kortisol penyebab stres menekan sel-sel imun tubuh. Buat kehidupan lebih ringan sehingga lebih bahagia bebas tekanan jalani kehidupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini