Sukses

Warga Sekampung Derita Penyakit Aneh yang Bikin Kaku dan Cacat

Sebuah perkampungan Yalong, di pinggiran kota Hechi, China selatan mengidentifikasi 20 orang yang menderita penyakit aneh.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perkampungan Yalong, di pinggiran kota Hechi, China selatan mengidentifikasi 20 orang yang menderita penyakit aneh. Kondisi langka yang disebut penyakit Kashin-Beck atau penyakit yang menyebabkan tubuh kaku dan cacat sendi.

Dailymail, Sabtu (8/11/2014) melaporkan, penyakit yang menyerang warga di satu perkampungan itu bukan hanya terjadi di Cina melainkan pernah terjadi di Siberia dan Korea Utara. Paramedis mengungkap, penyakit ini disebablan oleh kurangkan selenium dalam makanan atau minuman.

Dokter Li Wu mengatakan, penyakit langka ini serta merta mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bekerja. Sebagai contoh, Luo Guiyu (38) kini hanya bisa melakukan pekerjaan rumah yang ringan setelah mengalami penyakit ini sejak 12 tahun lalu.

"Tidak ada obat untuk penyakit Kashin-Beck, tetapi pembedahan atau terapi fisik mungkin dapat meringankan gejalanya. Namun, masalahnya, para ahli belum menemukan penyebab pasti," kata Wu.

Sejauh ini, penduduk kampung tersebut masih berharap mereka dapat mencegah dan mengobati penyakit aneh ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini