Sukses

Melampaui Sapi, Daging Kelinci Minim Kolesterol Tinggi Protein

Daging kelinci memiliki protein yang sama dengan daging ayam tapi kolesterolnya lebih rendah

Liputan6.com, Jakarta Pernah mencoba daging kelinci? Jangan bayangkan dulu kelinci Anda di rumah yang lucu. Tenang, karena daging kelinci yang biasanya dimakan bukan dari kelinci hias namun jenis pedaging yang memang memiliki manfaat kesehatan karena tinggi protein dan rendah kolesterol.

Seperti disampaikan peternak kelinci dari UR2farm Taman kelinci, Nuning Nurhayati bahwa daging kelinci memiliki protein yang sama dengan daging ayam tapi kolesterolnya lebih rendah sehingga aman dikonsumsi penderita hihertensi atau jantung.

"Daging kelinci itu bermanfaat untuk kesehatan karena rendah kolesterol dan proteinnya juga tidak kalah dengan daging lain," kata Nuning saat ditemui Liputan6.com di Cisarua, Bogor, Sabtu (1/11/2014).

Selain itu, kata Nuning, daging kelinci juga mudah diolah sehingga sering dibuat siomay, kaki naga, bakso, nugget dan hot stick.

Situs penelitian kesehatan terkemuka, Livestrong mencatat, bahwa dalam setiap 3 ons daging kelinci memiliki 6,8 gram lemak yang menyumbang hanya 37 persen kalori. Bandingkan dengan daging sapi setiap 3 ons mengandung 20-35 persen kalori.

Itu baru lemak, sebab dari segi protein, University of Illinois pernah meneliti, mengonsumsi daging kelinci telah memenuhi kebutuhan kalori harian. Belum lagi vitamin B12 yang tinggi, membuat daging kelinci juga direkomendasikan dikonsumsi sebagai pengganti daging sapi lantaran setiap 3 ons daging mengandung 117,6 persen vitamin untuk memperbaiki netabolisme tubuh dan mencegah stres.

Terakhir, daging kelinci juga mengandung mineral yang digunakan sebagai antioksidan dan menstimulasi produksi sperma. Jadi selain mencegah kanker, daging kelinci juga dikonsumsi untuk menjaga kesuburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini