Sukses

Hugh Jackman Kembali Lakukan Operasi Kanker Kulit

Kali ketiga dalam satu tahun terakhir, Hugh Jakcman kembali lakukan operasi pengangkatan kanker kulit di bagian hidungnya.

Liputan6.com, Jakarta Selama satu tahun terakhir, aktor yang dikenal dalam film X-Men, Hugh Jackman, menjalani operasi pengangkatan lesi (jaringan abnormal) kanker kulit di bagian hidungnya untuk ketiga kali. Operasi sebelumnya dilakukan di bagian yang sama pada bulan November 2013 dan Mei kemarin.

Menurut The Independent yang dilansir pada Rabu (29/10/2014), basal cell carcinoma adalah jenis kanker yang mendera aktor 46 tahun ini, tipe umum kanker kulit yang biasa terjadi di Amerika Serikat dan bisa diatasi menurut National Institutes of Health.

Meski sudah diatasi jenis kanker kulit yang satu ini bisa tumbuh kembali di tempat yang sama, seperti Jackman yang kembali tumbuh di hidungnya. Menurut American Cancer Society setengah dari orang-orang yang pernah mengidap kanker ini, akan mendapatkan kanker kulit yang baru dalam jangka waktu lima tahun.

Kanker kulit jenis ini terjadi karena paparan sinar matahari langsung ke kulit seperti dituturkan profesor kedokteran klinis di departemen dermatologi di David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles, Dr Jenny Kim.

"Anda bisa mencegah hadirnya basal cell carcinoma dengan cara melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, caranya dengan menggunakan tabir surya, topi, kacamata hitam" terang dokter Kim seperti dilansir laman Today.

Jika sudah terlanjur mendapati adanya cell carcinoma bassal pada kulit harus segera diatasi. Karena jika dibiarkan terlalu lama akan membesar, jika nanti diangkat akan membuat bekas sayatan yang semakin besar pula, ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.