Sukses

Manfaat Yoga bagi Diabetesi

Kalau ada alternatif terbaik selain berobat ke dokter, Yoga lah pilihannya

Liputan6.com, Jakarta Kalau ada alternatif terbaik selain berobat ke dokter, Yoga pilihannya. Kira-kira begitu saran yang dituliskan dalam sebuah situs diabetes di Inggris. Dalam laman tersebut, disebutkan bahwa yoga menjanjkan pengobatan dan pencegahan diabetes.

Dengan data dari beberapa penelitian, yoga ternyata terbukti efektif mengurangi stres yang berhubungan dengan hiperglikemia dan memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah. Ditambah teknik pernapasan, meditasi dan postur tubuh, yoga benar-benar bisa menurunkan hormon stres yang berisiko meningkatkan tekanan darah dan kadar glukosa darah.

Mengutip the Global Diabetes Community, Senin (27/10/2014) berikut ini ada beberapa manfaat yoga untuk mengatasi diabetes tipe 2:

1. Meremajakan pankreas

Postur Yoga seperti asana dapat meregangkan pankreas, yang dapat merangsang produksi sel-sel yang memproduksi insulin.

2. Melatih otot

Tak seperti olahraga kebanyakan, yoga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, yang pada gilirannya, membantu untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu turunkan berat badan

3. Membantu penurunan berat badan

Menurunkan berat badan sangat penting untuk melindungi penderita diabetes tipe 2 untuk mencegah komplikasi seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan kesehatan mental

​​Latihan yoga teratur dapat membantu untuk memfokuskan pikiran dan menciptakan pendekatan mental yang tepat bagi diabetesi.

Meski sejumlah manfaat yoga diatas sudah banyak diteliti, namun sebelum memulai kelas yoga, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk membantu manajemen diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.