Sukses

9 Cara Bikin Rileks Pikiran

Untuk menghindari saraf tegang karena deadline yang menumpuk, sebaiknya Anda coba merilekskan pikiran

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghindari saraf tegang karena deadline yang menumpuk, sebaiknya Anda membuat rileks pikiran. Agar tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti dikutip Healthmeup, Senin (27/10/2014) berikut ini:

1. Makan cokelat

Mengonsumsi cokelat dapat langsung menenangkan saraf Anda. Percayalah, itulah mengapa coklat dianggap sebagai makanan yang membuat nyaman karena kandungan theobrominnya. Tapi pastikan Anda memilih dark chocolate yang tidak banyak mengandung gula.

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet selama beberapa menit dapat mengurangi kecemasan dan mengurangi tingkat kortisol (hormon stres) juga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teh hijau dan permen karet



3. Teh hijau

Teh hijau memiliki bahan kimia L-Theanine yang dapat membantu meringankan kemarahan dan menenangkan.

4. Tarik napas

Tarik napas dalam-dalam adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Gunakan teknik pranayama dalam yoga dimana Anda bernapas melalui satu lubang hidung selama beberapa menit. Hal ini akan menghilangkan kecemasan dan mengurangi stres.

3 dari 4 halaman

Meditasi



5. Meditasi

Lima menit meditasi juga bisa memperbaiki suasana hati dan menenangkan pikiran Anda.

6. Menghitung mundur

Perlahan-lahan mulai menghitung mundur dari 50 atau 100. Bila Anda berkonsentrasi dalam menghitung, kekhawatiran Anda dapat berkurang.

4 dari 4 halaman

Aromaterapi



7. Aromaterapi

Menggunakan minyak esensial dapat merangsang reseptor bau di hidung Anda, yang pada akhirnya dapat membuat pikiran Anda.

8. Visualisasi positif

Visualisasi positif atau visualisasi kreatif bisa mendorong emosi positif seperti meningkatkan mood Anda dan menenangkan saraf-saraf.

9.Tutup mata Anda

Sejenak tutup mata dapat membuat Anda tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini