Sukses

Jangan Anggap Tangan Anda Sudah Bersih Meski Cuci Tangan Ya

Meski tampak bersih rupanya banyak bakteri dan patogen yang tak terlihat dengan mata telanjang.

Liputan6.com, Jakarta Coba perhatikan tangan Anda sekarang, tampak bersihkah? Meski tampak bersih rupanya banyak bakteri dan patogen yang tak terlihat dengan mata telanjang.
 
Mendapatkan bakteri itu sangat mudah, mulai bersalaman hingga membuka pintu toilet, dengan senang hati kuman berpindah ke tangan Anda. Lalu untuk mengenyahkan bakteri jahat, cara paling utama dan efektif adalah dengan mencuci tangan pakai sabun (CPTS).
 
"Mencuci tangan menggunakan sabun selama 15-20 detik efektif untuk mengusir kuman, bakteri, patogen dan jamur yang ada di tangan. Lalu basuh menggunakan air yang mengalir agar kuman tersebut tak menetap di tangan," terang dokter Ariani Dewi Widodo, SpA pada temu media Menuju 70 Juta Tangan Indonesia Sehat di Gedung SMESCO, Jakarta, Rabu (22/10/2014).
 
Jika dalam keadaan mendesak dan benar-benar dalam kondisi tidak ada air mengalir baru boleh lakukan pilihan terakhir yaitu dengan hand sanitizer atau tisu basah. "Jika menggunakan tisu basah itu, kumannya masih ada yang tertinggal di tangan. Beda jika dengan air mengalir yang bisa mengusir kuman di tangan," ujarnya
 
"Lalu nanti saat menemukan air dan sabun langsung cuci tangan," imbuh dokter lulusan Universitas Indonesia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini