Sukses

5 Manfaat Teh Hitam dari Luar Tubuh

Tak cuma diminum, kandungan dalam teh hitam bisa mengatasi berbagai keluhan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Teh hitam dikenal memiliki manfaat baik jika dikonsumsi dari dalam tubuh. Namun, kini diketahui bahwa bisa juga dimanfaatkan dari luar tubuh.

Berikut, lima manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan khasiat dari teh hitam seperti dilansir dari Reader's Digest pada Jumat (17/10/2014).

1. Atasi luka bengkak
Teh hitam mengandung tanin yang dapat berfungsi menghentikan pendarahan dari luka terbuka atau goresan. Ambil teh hitam basah yang dingin pada area luka atau bengkak akan membantu menenangkan luka tersebut.

2. Usir bau kaki
 Asam tanik dalam teh hitam mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki. Caranya dengan merendam kaki selama 15-30 menit ke dalam baskom berisi teh hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesehatan gusi

3. Tingkatkan kesehatan gusi
Kandungan tanik pun dapat membantu pendarahan pada gusi. Jika gusi bengkak, tempelkan teh hitam pada bagian yang bengkak atau berkumur dengan teh hitam untuk menyembuhkan.

4. Atasi mata kering dan gatal
Rendam dua kantong teh hitam dalam air hangat selama sepuluh menit. Tiriskan air yang ada di dalam kantong teh hitam, lalu kompres area mata dengan kantong teh ini untuk membantu menenangkan mata.

5. Ringankan rasa gatal
Masukkan air teh hitam ke dalam ember atau bak mandi, aduk, dan gunakan sebagai mandi. Asam tanik dalam teh membantu meringkankan peradangan dan gatal-gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.