Sukses

Bahaya Penggunaan Gadget pada Anak, Waspadalah

Jangan sembarang memberi gadget pada anak-anak. Ini bahayanya !

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini, memberikan gadget pada anak menjadi solusi bagi orangtua untuk mendiamkan anak-anaknya agar mereka dapat beraktivitas dengan tenang. Namun sayangnya, orangtua tidak menyadari bahaya yang mengintai buah hatinya karena gadget yang diberikannya itu.

"Akan menurunkan kemampuan anak untuk fokus terhadap benda dalam jarak jauh, karena mereka terbiasa melihat dalam jarak yang sangat dekat," kata Spesialis Mata Anak Sumatera Eye Centre (SMEC), Dr. D. A. N. Canara Sari, SpM.

Menurut Sari, kondisi itu diakibatkan posisi seorang anak yang terlalu dekat dalam menatap layar gadgetnya. "Biasanya, mereka itu main gadget dalam posisi yang sangat dekat dengan matanya. Apalagi kalau dibiarkan terlalu lama, akan sangat membahayakan," kata Sari.

Dalam acara `Cek Mata Yuk: Gaya Hidup Modern Versus Mata Kita` di Ruang Ikat, Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Kamis (16/10/2014), Sari mengimbau agar para orangtua tidak menjadikan gadget sebagai pengganti baby sitter atau pengasuh, yang dapat diberikan begitu saja kepada anak-anaknya agar mereka anteng.

"Orangtua juga harus mengetahui bahwa ada bahaya yang mengintai anak-anak mereka terkait dengan matanya," kata Sari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini