Sukses

Kenapa Gigi Para Atlet Lebih Mudah Rusak?

Menurut studi yang diterbitkan oleh The Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports menyatakan bahwa gigi atlet cenderung mudah rus

Liputan6.com, Jakarta Menurut studi yang diterbitkan oleh The Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports menyatakan bahwa gigi atlet cenderung mudah rusak. Fakta ini ditemukan para ilmuwan ini menjalani tes terhadap kesehatan mulut dan air liur sejumlah atlet dan non atlet.

Seperti dikutip Cosmopolitan pada Senin (13/10/2014), latihan fisik yang cenderung berat dan terus menerus menurunkan kadar air liur para atlet. Padahal air liur mengandung sejumlah enzim dan zat lain yang melindungi gusi dan gigi. Inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan gigi.

Penulis utama studi yang juga dokter gigi senior di University Hospital Heidelberg Jerman, dr Cornelia Frese  menyatakan tak tahu persis mengapa keasaman meningkat selama latihan. Kondisi ini masih diteliti lebih lanjut.

Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, dokter Frese mengatakan untuk pintar memilih pasta gigi berflouride dan membersihkan secara detil sela-sela gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini