Sukses

Mengapa Bayi Tak Boleh Konsumsi Madu?

Bagi anak dan orang dewasa madu memang bermanfaat, tapi belum tentu untuk bayi berusia di bawah satu tahun.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang anak dan orang dewasa, madu punya banyak manfaat. Tapi tidak untuk bayi. Bayi di bawah satu tahun tak dianjurkan mengonsumsi madu asli.

Madu berpotensi mengandung bakteri Clostridium botulinum. Sebuah bakteri yang memicu produksi zat beracun dalam tubuh yang menyebabkan penyakit botulisme. Botulisme adalah penyakit yang membuat kelumpuhan otot-otot sehingga bayi mengalami diare, sulit buang air besar, lesu. Meski jarang terjadi, botulisme bisa berakibat fatal pada keselamatan bayi.

“Bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga tak bisa melawan bakteri,” terang neonatologist dari American Academy of Pediatrics' Committee on Nutrition, Jatinder Bhatia, MD seperti diungkapnya dalam WebMD dilansir Minggu (12/10/2014).

Namun, Bhatia tidak melarang ketika bayi yang sudah MPASI diberi sereal atau makanan lain yang mengandung madu. “Kalau sudah dimasak, itu tak masalah,” terangnya. Risiko botulisme terjadi ketika bayi mengonsumsi madu asli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.