Sukses

Menkes: Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Tak Menular

Diprediksi penyakit tidak menular seperti kanker dan stroke akan meningkat namun bisa dicegah dan dideteksi dini untuk mengurangi bahayanya.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi menerangkan bahwa diperkirakan penyakit tidak menular seperti kanker dan stroke akan meningkat pesat jumlahnya dalam tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu ia menyarankan kepada masyarakat agar mengubah gaya hidup menjadi sehat dan melakukan deteksi dini.

"Penyakit menular itu bisa dicegah, kalaupun tak bisa dicegah bisa dideteksi secara sangat dini. Sehingga pengobatan jauh lebih mudah dan murah daripada sudah terlambat," terang Mboi pada kesempatan acara kampanye deteksi dini kanker payudara "Jakarta Goes Pink" di Balai Kota DKI Jakarta pada Minggu siang(12/10/2014).

Dengan mampu mendeteksi dini upaya untuk melakukan penyembuhan bisa dilakukan. "Paling tidak bisa hidup secara normal," terang Mboi semangat.

Salah satu cara untuk mengajak masyarakat melakukan deteksi dini penyakit tidak menular bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan gerakan kampanye masyarakat seperti kampanye kanker payudara Jakarta Goes Pink yang berlangsung hari Minggu (12/10/2014) ini.

"Gerakan seperti ini dimana ada tokoh-tokoh utama adalah para survivor dan warriors sehingga bisa lebih mampu menyampaikan ke masyarakat bahwa penyakit ini tidak menular 'Gue ajah deh yang kena lo jangan' mungkin seperti itu lebih efektif di masyarakat," papar Mboi.

Ia pun mengharapkan agar gerakan kampanye ini bisa makin meluas. "Tidak hanya "Jakarta Goes Pink, tetapi juga "Indonesia Goes Pink"," ungkapnya di hadapan para survivor dan warriors yang hadir di acara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.