Sukses

Cara Menghilangkan Jerawat, Hindari Makanan Ini

Anda sedang mencari cara menghilangkan jerawat? hindari makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat tidak disebabkan oleh satu faktor saja melainkan banyak faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi di antaranya adalah faktor genetis dan pola hidup. Jika anda berjerawat dan ingin mengetahui cara menghilangkan jerawat, coba hentikan konsumsi makanan ini. Daftar makanan dan minuman ini adalah pemicu jerawat seperti dilansir dari Yahoo Beauty, Jumat (10/10/2014).

1. Susu Sapi

Mengagetkan, susu sapi yang selama ini kita anggap sehat ternyata berpotensi untuk menimbulkan jerawat.

"Susu menyebabkan lonjakan pada hormon tertentu yang memproduksi jerawat," kata Dr. Frank Lipman, dokter pendiri Eleven Wellness Center, New York. Untuk mengganti susu sapi, Dr. Lipman sendiri menganjurkan susu almond, susu beras dan santan.

2. Gula

Masih menurut Dr Lipman, gula dapat menyebabkan jerawat karena mengakibatkan peradangan. Sedangkan seseorang dengan kulit rawan jerawat justru harus mengikuti diet anti-peradangan karena jerawat sendiri dianggap sebagai kondisi peradangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kacang Kedelai

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai dapat memicu aktivitas hormonal sehingga meningkatkan inflamasi atau peradangan dan pada akhirnya memicu tumbuhnya jerawat. Makanan lain yang terbuat dari kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.

4. Kopi

Asam organik pada biji kopi dapat meningkatkan kadar kortisol atau hormon stres sekaligus merangsang aktivitas kelenjar minyak. Kelenjar minyak atau sebaceous ini yang dapat memicu timbulnya jerawat.

3 dari 3 halaman

5. Gandum

5. Gandum

Gandum dan panganan turunannya seperti roti dan mie dapat menyebabkan peradangan. Sedangkan, untuk menghilangkan jerawat peradangan dalam tubuh justru harus dikurangi.

6.Kacang Tanah

Makanan yang satu ini sudah umum diketahui sebagai penyebab jerawat. Hal ini dapat terjadi karena kacang tanah mengandung androgen yang membuat orang wajah berminyak. Dr. Lipmin sendiri menganjurkan mengganti kacang tanah dengan almond dan mete.

Itu dia makanan yang harus dihindari bagi Anda yang sedang mencari cara menghilangkan jerawat. Ingat, masih ada makanan lain yang layak Anda makan dan tidak mengakibatkan jerawat. Jadi, tetap bergembira, ya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini