Sukses

Ini Alasan Kopi Bikin Anda Ketagihan

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Molecular Psychiatry, menemukan bahwa minum kopi ternyata membuat ketagihan.

Liputan6.com, Jakarta Dari mulai uyut, kakek, ayah, semua menyukai kopi. Tak pandang orang miskin dan kaya, selebritis pun suka minum kopi. Beberapa di antaranya bahkan sering merasa ketagihan. Anda juga pernah merasakan hal tersebut?

Jangan heran, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Molecular Psychiatry, menemukan bahwa minum kopi ternyata membuat ketagihan.

Seperti dikutip Cosmopolitan, Kamis (9/10/2014), peneliti membandingkan sampel DNA pada lebih dari 120.000 pria dan wanita dari Eropa dan Afrika-Amerika yang menyukai kopi. Mereka dibagi menjadi dua varian genetik.

"Kelompok pertama berhubungan dengan metabolisme kafein. Sedangkan kelompok kedua, lebih kepada dampak dari kafein. Hasilnya, kedua kelompok menunjukkan metabolisme energi," kata peneliti.

Para peneliti menyimpulkan, genetika bukan satu-satunya faktor yang menentukan apakah Anda pecinta kopi atau bukan. Sebab secara alami dapat menyukai kopi bahkan untuk pertama kalinya karena kemampuan tubuh yang membutuhkan sejumlah kafein.

Meski begitu, peneliti tetap mengingatkan untuk mengonsumsi kopi tanpa gula. Sebab kopi murni bisa mencegah beragam penyakit seperti jantung dan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.