Sukses

3 Langkah Efektif Turunkan Berat badan Setelah Melahirkan

Untuk mencegah kegemukan setelah melahirkan, berikut ini ada beberapa cara efektif dalam menurunkan bobot tubuh setelah melahirkan

Liputan6.com, Jakarta Idealnya, berat badan calon ibu saat mulai kehamilan berkisar antara 45 sampai 65 kg. Masalahnya, berat badan cenderung sulit diturunkan kembali setelah melahirkan. Tapi itu bukan alasan untuk menurunkan berat mengingat bahaya mengintai apabila obesitas.

Untuk mencegah kegemukan setelah melahirkan, berikut ini ada beberapa cara efektif dalam menurunkan bobot tubuh setelah melahirkan, seperti dikutip Boldsky, Senin (6/10/2014) seperti:

1. Bergerak

 

Kebanyakan wanita setelah melahirkan cenderung kurang tidur dan kurang olahraga. Setidaknya, hindari duduk di satu tempat terlalu lama. Bila memungkinkan, berjalan secukupnya di sekitar rumah bisa membantu pemulihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyusui

2. Menyusui

Bila Anda menyusui, Anda cenderung membakar sekitar 500 kalori. Ini adalah cara alami tubuh Anda untuk menurunkan berat badan. 

Sebuah penelitian menunjukkan, menyusui dapat membakar 600-800 kalori per hari, bahkan tanpa melakukan aktivitas apapun. Tapi, ingat segera setelah berhenti menyusui, kebutuhan kalori akan menurun. Jadi cobalah untuk berolahraga dan mengurangi kalori Anda. Perhatikan kalori serta lemak dan mengatur diet dengan memperbanyak makanan kaya gizi yang mengandung protein, buah-buahan segar, biji-bijian serta sayuran dan banyak susu rendah lemak.

Cobalah untuk menghindari makanan berkalori kosong seperti soda dan gorengan. Yang terpenting, jangan melakukan diet setelah melahirkan sebab saat menyusui seorang ibu membutuhkan banyak energi.

3. Tidur siang

Lakukan tidur siang setiap kali tubuh lelah. Ini akan membantu menghindari kurangnya tidur di malam hari. Hal ini juga efektif mengurangi stres yang mengakibatkan naiknya berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini