Sukses

6 Penyakit Langka dan Aneh pada Manusia

Berikut beberapa penyakit langka dan acapkali dianggap aneh yang pernah terjadi pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit yang langka kadang membuat orang lain yang melihatnya bergidik. Termasuk enam penyakit aneh sekaligus langka berikut ini yang menimpa manusia.

Dilansir dari beberapa sumber, ini daftarnya.

1. Progeria
Progeria, dikenal juga dengan Hutchinson Gilford Syndrome, adalah penyakit langka yang terjadi karena adanya kelainan genetis progrefis anak-anak usia satu atau dua tahun. Pada umumnya, anak-anak yang terkena progeria terlihat normal saat  lahir. Tahun pertama anak terlihat tanda dan gejala berupa rontoknya rambut.

Anak-anak yang pengidap progeria kebanyakan meninggal sekitar umur 13 tahun, yang biasanya disebabkan oleh masalah jantung dan stroke. Namun, beberapa hidup 20 tahun lebih lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Twin parasitic

2. Twin Parasitic
Dalam kasus kembar siam, salah satu janin bisa menjadi sangat kuat sedangkan janin yang lain ikut menempel pada janin yang kuat. Saat dilahirkan, yang lemah akan menempel pada bayi kuat serta menyerap nutrisinya, inilah kenapa disebut parasit.

3 dari 6 halaman

Lymphangioma hamartoma

3. Lymphangioma hamartoma
Bocah di India di atas mengidap lymphangioma hamartoma sehingga tangannya sungguh besar bahkan melebihi ukuran kepalanya.
Lympangioma adalah suatu kondisi dari sistem limfatik yang menyebabkan peradangan ekstrim yang mengakibatkan munculnya pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Sedangkan hemartoma adalah jenis jinak tumor dimana tubuh memproduksi jaringan berlebih.

4 dari 6 halaman

Hipertrikosis atau Werewolf Syndrome

4. Hipertrikosis atau Werewolf Syndrome
Bukan hanya di film, dalam kenyataan ada manusia yang tubuhnya tampak berbulu seperti serigala. Ada penyakit bernama hipertrikosis merupakan kondisi pertumbuhan rambut yang berlebihan, baik di seluruh bagian tubuh maupun di area tubuh tertentu. Kelainan ini juga dikenal sebagai Werewolf Syndrome, karena dalam kasus yang cukup parah penampilan penderitanya akan menyerupai werewolf atau manusia serigala.

5 dari 6 halaman

Argyria

5. Argyria
Penyakit ini akibat terlalu lama terpapar atau masuknya perak ke tubuh. Kondisi ini paling sering terlihat pada pekerja yang terlibat dalam pertambangan perak, pemurnian atau manufaktur.
Hal ini membuat kondisi kulit berwarna kebiruan. Kondisi ini sangat langka dan biasanya tidak menimbulkan gejala lain.

6 dari 6 halaman

Cutis verticis gyrata

6. Cutis verticis gyrata
Ini adalah suatu kondisi medis yang berhubungan dengan kulit kepala. Kondisi cutis verticis gyrata pertama kali dijelaskan pada tahun 1837 oleh Alibert.
Para penderita menunjukkan lipatan-lipatan pada kulit kepalanya sehingga seperti melihat bentuk otak tapi dari luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.