Sukses

Sakit Pinggang Tak Melulu Akibat Saraf Kejepit

Belum tentu sakit pinggang itu saraf kejepit. Bisa jadi akibat faktor lain seperti latihan berlebih, misalnya.

Liputan6.com, Jakarta Hernia Nucleus Pulposus (HNP) atau yang sering disebut syaraf terjepit biasanya didahului oleh kejadian luar biasa seperti kecelakaan mobil yang membuat lumbal bergeser. Jadi, belum tentu sakit pinggang itu saraf terjepit.

Seperti disampaikan terapis Sport Massage, Sugiat, bahwa sakit pinggang bisa terjadi akibat kram otot. Masalahnya, kram terbagi menjadi ringan, sedang dan berat.

"Kram ringan hanya sakit sedikit saja, biasanya karena streching yang tidak benar. Kram sedang itu rata-rata dapat menganggu aktivitas seperti misalnya saat bermain bola terkena tackle. Sedangkan kram berat itu yang parah," katanya.

Menurut Sugiat yang piawai menangani para atlet sejak 1987, kondisi seperti ini juga sering dialami oleh masyarakat biasa yang suka berolahraga. Jadi ia menyarankan jika sakit pinggang untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau melakukan sport massage.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini