Sukses

Cedera Saat Olahraga, Harus Bagaimana Ya?

Pertolongan pertama usai cedera itu sangat mudah yaitu menggunakan kompresan es.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak kekeliruan yang muncul ketika mengalami cedera usai berolahraga seperti misalnya langsung memijat atau dibiarkan begitu saja. Padahal pertolongan pertama usai cedera itu sangat mudah yaitu kompres es.

Seperti disampaikan ahli bedah tulang dari RS Royal Progress, dr. Bobby N. Nelwan, SpOT bahwa setelah cedera, formula yang tepat sejauh ini adalah RICE (Rest, Ice, Compression dan Elevetion).

"Segera lakukan REST ketika mengalami cedera olahraga. Mulai dari Rest (istirahat), Ice (kompres dengan es), Compression (beri tekanan dengan menggunakan perban khusus) dan Elevation atau tinggikan bagian yang mengalami cedera)," kata Bobby, seperti ditulis Jumat (3/10/2014).

Langkah ini juga sering dianjurkan terapis sport massage, Sugianto. Menurutnya, penggunaan kompres es efektif untuk mengurangi rasa sakit akibat cedera olahraga.

"Kompres es saja di bagian yang sakit. Rasanya mungkin mengangetkan, tapi cuma sekitar 2-3 menit setelah itu sakit akan segera membaik," kata Sugiat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini