Sukses

Waspadai Obesitas pada si Kecil

Jangan lagi beranggapan bahwa seorang anak kecil bertubuh gemuk dengan pipi seperti bakpau adalah lucu, sebab itu adalah pertanda obesitas

Liputan6.com, Jakarta Jangan pernah lagi beranggapan bahwa seorang anak kecil bertubuh gemuk dengan pipi seperti bakpau adalah lucu. Justru, orangtua harus mulai waspada, jangan sampai sang buah hati tumbuh menjadi sosok individu yang mengalami obesitas.

"Anak kecil yang sekarang gemuk itu sudah tidak lucu atau imut lagi. Justru orangtua harus mulai khawatir, karena ketika besar mereka obesitas, berisiko terhadap penyakit kronis," kata Mochamad Aldis Rusliadi, SKM.

Dalam sebuah acara untuk memperkenalkan alat olahraga bernama 'OSIM uShape' di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (2/10/2014), Nutrition and Health Education Executive ini menerangkan bahwa jumlah anak yang mengalami obesitas sekitar 14 persen.

Untuk melihat apakah seorang anak mengalami kondisi obesitas, orangtua dapat menghitungnya menggunakan BMI (body mass index).

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), lanjut Aldis, orang dewasa yang telah mencapai kondisi obesitas dengan rata-rata BMI di atas 27 sebesar 27,1 persen. Jangan sampai angka ini terus mengalami peningkatan, yang berasal dari seorang anak yang dianggap lucu itu.

"Dari Riskesdas juga, 2 sampai 3 dari 10 orang Indonesia mengalami kegemukan," kata Aldis.

"Padahal obesitas merupakan faktor risiko dari beberapa jenis penyakit degeneratif," kata Aldis menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini