Sukses

4 Manfaat Beraktivitas di Luar Ruangan

Jangan cuma habiskan hari-hari di rumah, kantor atau mal, coba perbanyak aktivitas di luar ruangan dan dapatkan empat manfaat berikut.

Liputan6.com, Jakarta Beraktivitas di luar ruangan sangat jarang dilakukan manusia zaman sekarang. Kehidupan banyak dihabiskan di dalam rumah maupun ruangan lain. Bahkan saat bertemu dengan teman di akhir pekan, mal dan pusat perbelanjaan jadi pilihan.

Namun, kini ada baiknya untuk menyegarkan diri Anda untuk berkegiatan di luar ruangan. Seperti di taman, pantai, kebun, maupun tempat yang bukan ruangan karena ada banyak manfaat yang bisa dipetik didalamnya.

Dilansir dari Heatlh, Selasa  (30/9/2014) ini manfaat beraktivitas di luar ruangan:

1. Ringankan depresi
Menurut studi dari University of Michigan, jalan-jalan di alam bebas terkait dengan kesehatan mental dan meningkatkan perasaan positif, serta menurunkan depresi dan stres. Apabila Anda mengalami hari yang menyebalkan, coba sebelum ke rumah mampir sejenak ke taman kota.

2. Sehat jiwa
Daripada berolahraga di fitness centre, ada baiknya untuk memindahkannya ke taman. Sebuah studi dari Glasgow University menunjukkan bahwa orang yang berjalan, bersepeda, atau berlari di alam memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kesehatan mental.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan fokus

3. Tingkatkan fokus
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science, berinteraksi dengan alam membuat otak beristirahat sejenak yang berdampak baik untuk meningkatkan tingkat perhatian.

4. Tingkatkan kekebalan tubuh
Para peneliti di Nippon Medical School di Tokyo menemukan bahwa wanita yang menghabiskan enam jam di hutan selama dua hari memiliki peningkatan sel darah putih yang berfungsi memberikan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit bahkan dampaknya berlangsung setidaknya tujuh hari sesudahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.