Sukses

4 Manfaat Olahraga Bareng Binatang Peliharaan

Tak sekedar menyenangkan, hewan peliharaan pun dapat membuat si pemiliknya sehat dan bugar.

Liputan6.com, Jakarta Hewan peliharan merupakan teman manusia yang paling menyenangkan. Tak sekadar itu, hewan peliharaan pun dapat membuat si pemilik sehat dan bugar.

Pakar kebugaran asal India, Mickey Mehta, mengatakan, memiliki hewan peliharaan dapat memotivasi dan mendorong kita untuk tetap fit secara fisik, dan tetap aktif secara mental. Sebab, melakukan aktivitas luar ruangan bersama hewan peliharan merupakan latihan terbaik.

Apalagi bila kita melakukan sejumlah permainan yang dapat membuat tubuh bergerak, misalnya saja seperti fetch the ball (mengambil bola), merupakan latihan kardio terbaik yang diberikan hewan peliharaan untuk sang pemilik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat



Seperti dikutip Health Me Up, Senin (29/9/2014), Mickey Mehta menjelaskan sejumlah manfaat melakukan olahraga bersama hewan peliharaan;

1. Mampu meningkatkan mood
2. Mampu menurunkan tekanan darah
3. Menguatkan dan mampu meningkatan ikatan kita dengan hewan peliharaan
4. Membantu kita untuk tetap aktif dan rutin melakukan aktivitas fisik.

Mehta juga mengingatkan ada sejumlah hal yang harus diingat sebelum melakukan aktivitas olahraga bersama hewan peliharaan;

1. Sebelum memulai dengan program latihan dan olahraga, pastikan terlebih dulu kesehatan hewan peliharaan kita ke dokter hewan. Dengan mengetahui kondisi kesehatan hewan peliharaan itu, kita dapat menyesuaikan jenis latihan apa yang cocok untuk dilakukan.
2. Memulai: Mulailah dengan berjalan kaki atau melakukan sesi pemanasan agar hewan peliharaan tidak merasa kelelahan.
3. Pastikan juga bahwa kita tidak memaksa hewan peliharaan untuk berolahraga bersama.
4. Hindari melakukan olahraga di tempat yang panas, untuk mencegah hewan peliharaan sakit.

Manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan;

1. Tidak hanya manusia, hewan peliharaan yang rutin olahraga pun menjaga jantung, paru-paru, sistem peredaran darah tetap sehat
2. Membantu untuk mengontrol hewan peliharaan
3. Hewan peliharaan akan senantiasa aktif dan penuh energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini