Sukses

5 Makanan untuk Anda yang Susah BAB

Kurangnya mengonsumsi serat dapat mengakibatkan sembelit alias susah buang air besar (BAB)

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya konsumsi serat dapat mengakibatkan sembelit alias susah Buang Air Besar. Masalahnya, data Puslitbang Depkes RI tahun 2004 menunjukkan, konsumsi serat masyarakat Indonesia masih rendah atau sekitar 10,5 gram/hari, jauh dari rekomendasi global yaitu 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram serat untuk pria.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK mengatakan, serat paling banyak ditemui pada buah dan sayur. Namun banyak diantara kita mungkin menganggap serat pada buah dan sayur itu sama. Padahal, keduanya berbeda.

"Serat merupakan bagian dari karbohidrat, yang tidak menghasilkan energi dan bukan merupakan sumber gula, namun berperan menjaga kesehatan usus," kata Fiastuti.

Untuk membantu Anda dalam mencegah sembelit, Liputan6.com menemukan 5 buah berserat tinggi yang dikutip dari Buzzfeed, Senin (29/9/2014). Berikut ulasannya:

1. Plum

Meski plum tidak lazim dikomsumsi di Indonesia, tapi buah ini terkenal akan manfaatnya. Selain rendah kalori yaitu 46 kalori per 100 gram, kandungan serat, sorbitol, dan isatin pada plum juga dikenal dapat membantu untuk mengatur fungsi sistem pencernaan dan juga meringankan kondisi sembelit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aprikot dan Pir

2. Aprikot

Buah yang banyak ditemukan di negara Turki ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. "Aprikot dikenal sebagai sumber serat larut yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Serat dlama buah ini akan merangsang cairan lambung dan pencernaan sehingga membantu penyerapan nutrisi dan memecah makanan agar lebih mudah diproses. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk mengaktifkan gerakan peristaltik pada saluran pencernaan, dan membuat pergerakan usus menjadi teratur.

3. Pir

Pir termasuk buah yang rendah sodium dan mengandung pektin sehingga memiliki efek pencahar ringan pada tubuh. Anda dapat menggunakan pir untuk sembelit dengan langsung memakannya atau menjadikannya sebagai jus.

3 dari 3 halaman

Brokoli dan Bayam

4. Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi, fivonoid, dan serat. Seperti kita tahu bahwa serat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Dan serat pada brokoli dapat mencegah timbulnya konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan sembelit.

5. Bayam

Seperti brokoli, bayam mengandung serat yang dapat membantu keluhan sembelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini