Sukses

Penyakit yang Diderita Ari si Kulit Ular

Sejak lahir, tubuh Ari Wibowo bersisik dan mengelupas mirip ular, sebenarnya penyakit apakah pada remaja asal Pondok Pucung, Tangerang ini?

Liputan6.com, Jakarta Gara-gara sebuah berita di laman popular di Inggris, berita tentang Ari Wibowo si Kulit Ular menyeruak setelah sebelumnya santer di tahun 2005 hingga 2007. Sebenarnya penyakit apa yang dialami oleh Ari?

Kulit yang bersisik dan berlapis-lapis di sekujur tubuh merupakan ciri penyakit ichthyosis lamellar. "Ichthyosis lamellar adalah penyakit kulit yang diturunkan, umumnya timbul sejak lahir dan menetap hingga dewasa yang ditandai dengan sisik kasar di seluruh tubuh," terang dr Gloria Novelita, SpKK dari Beyoutiful Clinic, Jakarta saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (29/9/2014).

Menurut dokter Gloria hal ini terjadi karena adanya mutasi gen sehingga mengganggu TGM 1. TGM 1 ini berperan dalam produksi cornified cell envelope, suatu protein yang dibutuhkan untuk pembentukan lapisan terluar kulit.

Menurut dokter yang mengambil spesialis kulit dan kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini, penyakit ichthyosis lamellar memang jarang ditemukan. Namun setiap tahunnya ada pasien yang datang ke RSCM dengan kondisi seperti ini.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara sempurna, oleh karena itu upaya melembapkan dan melemaskan kulit perlu dilakukan setiap hari agar kulit tak kaku. Selain itu, tak boleh mandi dengan air panas, dan jangan menggunakan sabun antibakteri tapi sabun yang mengandung PH balance dengan banyak pelembap. Setelah itu langsung diaplikasikan pelembap ke seluruh tubuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.