Sukses

Neuron Dance Pad, Karpet Pintar Cegah Obesitas

IPB menghadirkan Neuron Dance Pad, sebuah produk berupa alat olahraga yang diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk olah raga

Liputan6.com, Jakarta Minimnya intensitas aktivitas berolahraga masih menjadi masalah utama yang memicu terjadinya penyakit degeneratif seperti obesitas, hipertensi, dan jantung koroner. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup serba instant yang menimbulkan keengganan seseorang meluangkan waktunya untuk beraktivitas.

Banyak solusi yang ditawarkan dari berbagai jenis olah raga untuk mengatasi keengganan tersebut, namun solusi tersebut memiliki kelemahan baik dalam hal ruang gerak olah raga dan waktu yang diperlukan.

IPB menghadirkan Neuron Dance Pad, sebuah produk berupa alat olahraga yang diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk olah raga yang menyenangkan sekaligus mengasah kecerdasan dalam bentuk karpet elektronik. Dengan tingkat penggunaan yang termasuk kategori olahraga ringan, Neuron Dance Pad memiliki keunggulan yakni membakar kalori lebih tinggi sehingga sangat efisien untuk mengatasi obesitas.  

Inovasi yang diberi label Neuron ini  dibuat oleh sekelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Fakultas Kedokteran Hewan. Yakni Hanifah Arief Muqaddam, Ridzki Muhammad Luthfi Megapasha dan Dhenok Maria Ulva. Lewat inovasi ini, ketiganya berhasil menyabet medali emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2014 yang di gelar di Universitas Diponegoro, Agustus kemarin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mesin Dance revolution



Produk Neuron Dance Pad terinspirasi dari mesin Dance-dance Revolution dan Pump it Up yang dapat ditemukan di game center di beberapa pusat perbelanjaan. Mesin tersebut belum begitu banyak disadari sebagai alat olahraga dan hanya dimainkan sebagai hobi. Padahal, setiap kali menyelesaikan lagu (±2 menit) pengguna dapat membakar kalori 10-50 kilo kalori, tergantung tingkat kesulitan yang dipilihnya. Artinya, dalam 30 menit seseorang dapat membakar hingga 150-750 kilo kalori tubuh.

Tidak hanya sebagai pembakar kalori tubuh, penggunaan mesin tersebut sangat merangsang kecerdasan otak kanan untuk berkembang karena tingkat kesulitan di setiap levelnya mengharuskan seseorang bergerak cepat mengikuti irama sehingga membuat otak merespon dengan cepat.

“Sebenarnya Neuron Dance Pad bukanlah suatu hal yang baru. Di pasaran terdapat dance pad sejenis yang dimainkan di peragkat game seperti Playstation atau X-Box untuk dimainkan di rumah. Selain itu, perangkat yang dibuat merupakan bahan impor yang memiliki kualitas karpet lembut atau soft pad, dan hanya diketahui oleh kalangan gamers saja tanpa melihatnya sebagai potensi alat olahraga,” ujar Hanifah.

Menurutnya, selain bermanfaat bagi kesehatan, Neuron juga berfungsi sebagai alat pengasah kecerdasan otak kanan karena konsep dasar alat ini menggunakan ritme lagu untuk bergerak di atas papan dansa (dance pad simulator) dengan menginjakkan kaki di setiap tombol sesuai dengan irama. Desain yang portable membuat Neuron dapat dipakai dimana saja dan kapan saja sehingga cocok dalam berbagai kondisi.
 
Harga yang ditawarkan oleh produk ini mungkin lebih mahal dari produk yang sudah beredar di pasaran, namun dengan prinsip ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), produk Neuron dance pad menjadi sangat kompetitif di pasaran dan lebih disukai oleh konsumen. Harga yang ditawarkan untuk produk single pad adalah Rp450.000,00 per unit, dan double pad Rp600.000,00 per unit. Produk Neuron dance pad dapat terjual sekitar 20-40 unit, dengan omset mencapai 20 juta rupiah per bulannya.

3 dari 3 halaman

Kelebihan neuron



Kelebihan Neuron

Jika perangkat dance pad pada umumnya berbahan dasar yang lebih lembek, Neuron hadir dengan menggunakan alas matras yang lebih padat. Sisi inovasi dari produk ini adalah perangkat merupakan hasil modifikasi dari joystick game yang semula dikendalikan oleh jari tangan  menjadi dikendalikan oleh sensor kaki pada alas pad . namun tetap bersifat portable sehingga memudahkan pengguna Neuron untuk memakainya di mana saja.

“Selain itu, Neuron pad dapat didesain dengan gambar sesuai pesanan konsumen agar produk cocok dengan selera, terlihat lebih eksklusif dan limited edition,” ujarnya.

Cara pemakaiannya sangat mudah. Neuron dikoneksikan ke laptop atau PC yang sudah ter-install program step mania (dapat diunduh secara gratis di www.stepmania.com). Ratusan lagu yang dipakai untuk program ini sudah disediakan gratis sebagai bonus pembelian produk.

Jika dirasa kurang, masih terdapat banyak file lagu yang dapat diunduh secara gratis di internet. Penggunaan Neuron disesuaikan dengan level yang dipilih (1-26). Semakin tinggi tingkat kesulitan level yang dimainkan, semakin banyak pula kalori tubuh yang terbakar.

Hingga saat ini, produk Neuron telah berhasil terjual ke seluruh wilayah di Indonesia dan mancanegara. Konsumen dalam negeri yang tercatat selama ini berasal dari seluruh kota dan kabupaten di Pulau Jawa,  Sumatra,  Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Adapun konsumen mancanegara berasal dari Georgia,  Florida (Amerika Serikat), Beijing (Tiongkok), Adelaide dan Melbourne (Australia).

Respon positif dari pasar asing membuat target terbesar yang ingin dicapai pada penjualan produk Neuron Dance Pad adalah pasar ekspor dengan kapasitas produksi yang besar, karena pengalaman tim menjual produk Neuron Dance Pad kepada pembeli dari luar negeri sangat terkendala oleh mahalnya biaya pengiriman yang mencapai 2 kali lipat harga produk.

Hal ini sangat disayangkan mengingat dance pad juga sangat digemari di Benua Amerika. Beberapa calon pembeli lain dari Colombia, Brazil, dan Mexico mengurungkan niatnya karena biaya kirim dapat mencapai $140-$160 per produk. Jika produk Neuron Dance Pad dapat memenuhi permintaan ekspor skala besar, tentunya akan menekan biaya pengiriman dan meringankan pembeli sehingga berdampak pada majunya produk Neuron Dance Pad ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.