Sukses

Teknik Sederhana Menenangkan Diri

Saat cemas atau panik tak perlu jadi berlebih. Cukup tenangkan diri dengan cara ini dan dapatkan manfaat besarnya.

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang panik, cemas, gelisah, khawatir dan segala perasaan tak menyenangkan banyak orang menyarankan menarik nafas kemudian mengembuskannya. Pernah melakukannya?

Menurut praktisi meditasi Adjie Silarus, teknik bernapas, dalam hal ini nafas perut memang bisa membantu menenangkan dan mengurangi kecemasan.

"Saat bernapas dengan sadar, 'ya bahwa saya saat ini sedang menarik napas', 'ya bahwa saya sedang menghembuskan napas'. Teknik ini dapat membantu pikiran kita selalu ada di napas kita. Dengan perlahan-lahan bernapas, napas yang dihasilkan akan tenang. Berdampak pada ketenangan pikiran seseorang," terang Adjie yang juga praktisi mindfulness meditation dalam acara #Fundaysharing di SCTV Tower lantai 19 pada Kamis (25/9/2014).

Dampak tenang yang dihasilkan oleh teknik bernapas yang sangat besar, maka Adjie pun menyarankan bagi yang Anda yang grogi menghadapi presentasi besar atau tampil di depan umum bahkan yang takut mengambil keputusan bisa melakukan teknik bernapas perut.

Dalam acara ini, Adjie pun menerangkan dengan detil bagaimana caranya.

1. Duduklah tegak namun nyaman.

2. Pastikan kaki Anda menyentuh lantai.

3. Pejamkan mata. Kemudian bernapaslah dengan teknik perut. Untuk mengetahui bahwa Anda melakukan teknik bernapas ini dengan benar arahkan tangan kanan di pundak, kemudian tangan kiri di perut. Saat menarik napas perut akan mengembang. Kemudian saat menghembuskan napas perut mengempis. Baik menarik dan menghembuskan napas gunakan hidung.

Setiap menarik dan membuang napas, sadari bahwa Anda sedang melakukan ini. Lupakan kesalahan di masa lalu ataupun kecemasan yang akan datang. Cukup fokus pada pernapasan Anda saja.

Lakukan teknik bernapas ini selama tiga hingga lima menit setiap pagi atau menjelang aktivitas yang membuat Anda cemas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.