Sukses

Tak Jajakan Makanan Sehat, Kantin Sekolah Dilarang Jualan

Komitmen Wali Kota Pontianak menciptakan kantin sehat di sekolah-sekolah bukan hanya sekedar wacana.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak yang menganggap sepele pentingnya keberadaan kantin sekolah yang sehat. Padahal, tidak sedikit anak-anak sekolah yang mengkonsumsi jajanan di kantin yang ada di sekolahnya.

Jajanan-jajanan di kantin tersebut belum dipastikan apakah memenuhi standar kesehatan atau justru membahayakan bagi kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Mungkin saja dampak buruk dari makanan yang dikonsumsi itu baru dirasakan dalam jangka waktu yang lama.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji memberikan perhatian khusus untuk menjamin kesehatan calon generasi penerus bangsa itu dengan menggagas keberadaan kantin sehat di sekolah-sekolah di wilayahnya.

“Kalau ada kantin yang tidak sehat, bisa dibayangkan berapa banyak anak yang mengkonsumsi makanan yang bisa membahayakan kesehatan mereka ketika sudah tumbuh besar kelak,” kata Sutarmidji, di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 25 September 2014.

Komitmen Wali Kota menciptakan kantin sehat di sekolah-sekolah bukan hanya sekedar wacana. Bahkan secara tegas ia melarang kantin-kantin yang tidak sehat dan menjual makanan yang tidak higienis berjualan di sekolah-sekolah.

“Semua kantin yang ada harus sehat. Dan kantin yang tidak sehat, tidak boleh berjualan di lingkungan sekolah,” Sutarmidji meminta.

Tak hanya itu, untuk mendorong terwujudnya kantin sehat, pihaknya akan memfasilitasi kantin-kantin yang ada melalui fasilitas kredit Bank Pasar supaya mereka bisa membentuk kantinnya sebagai kantin sehat.

“Nanti akan kita fasilitasi mereka dalam pembiayaan untuk membuat kantin sehat melalui fasilitas pinjaman kredit dari Bank Pasar,” katanya. [Raden AMP]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini