Sukses

Mata Bisa Tunjukkan Anda Sedang Sakit Apa

Tak hanya mengecek kesehatan mata, hadirnya penyakit serius pun bisa terdeteksi dari mata.

Liputan6.com, Jakarta Kata orang, mata adalah pancaran hati. Namun kata dokter mata, lewat mata bisa mendeteksi penyakit serius.

"Memeriksa kesehatan mata tak hanya untuk mengecek penglihatan mata, namun ini juga tentang kesehatan Anda secara keseluruhan," terang dokter mata asal New York, Marc Weinstein dalam laman Good Housekeeping, Kamis (25/9/2014).

Penyakit serius yang bisa dideteksi secara dini lewat mata bahkan jauh sebelum gejala muncul adalah tekanan darah tinggi dan diabetes, menurut Weinstein. Saat mata diperiksa dokter mata akan melihat mata yang melebar sebagai indikator ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh.

Di belakang mata terdapat saraf optik yang merupakan perpanjangan sistem saraf. Sehingga beberapa gejala penyakit neurologis seperti optic neuritis, idiopathic intracranial hypertension, dan aneurisma bisa terlihat.

Bagi Anda yang dalam hidup belum pernah memeriksakan mata, tak ada ruginya mengetahui kesehatan penglihatan. Bonusnya, kesehatan tubuh lain pun bisa diketahui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini