Sukses

Diabetes Tak Harus Tunggu Anda Berusia 40, Hati-hati

Usia di bawah 40 bisa saja terkena diabetes jika pola hidupnya tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Selain faktor genetik, risiko diabetes cenderung lebih tinggi apabila seseorang mencapai usia 40 tahun. Tapi jangan salah, usia di bawah 40 bisa saja terkena diabetes jika pola hidupnya tidak sehat.

Seperti disampaikan Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo, dr. Em Yunir Sp. PD-KEMD bahwa sebenarnya risiko penyakit diabetes dapat muncul di usia 40 tahunan. Tapi tak menutup kemungkinan jika seseorang memiliki faktor genetik dan tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat.

"Faktor risiko tertinggi itu kan usia 40 tahun. Kalau ibu diabetes tambah 1 poin, ayah diabetes juga tambah 1 poin, apalagi kalau ada hipertensi dan sebagainya. Jadi berapa poin itu. Belum lagi gaya hidupnya yang tidak sehat, membuat dia bisa terkena diabetes dibawah 40 tahun," kata Yunir saat diskusi kesehatan Diabetes Care dalam penerapan makan sehat jelang idul adha di Tee Nine Restaurant, Thamrin, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Jika faktor risiko diabetes tersebut Anda alami, maka Yunir menyarankan agar Anda cek kesehatan 2 tahun sekali dan rutin jalani pemeriksaan gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.