Sukses

Cara Manjur Atasi Insomnia, Bukan dengan Obat

Beragam cara mencoba insomnia tapi gagal? Coba coba dengan cara berikut yang mencoba memengaruhi pikiran Anda.

Liputan6.com, Jakarta Insomnia atau gangguan sulit tidur di malam hari kini jadi problema kesehatan yang kerap mendera masyarakat perkotaan. Diperkirakan lebih dari 10% masyarakat Indonesia mengalami problematika ini.

Mereka yang insomnia acapkali mencoba beragam cara untuk mencoba lekas tidur. Mulai dari minum susu hingga minum obat tidur. Hasilnya tak sedikit yang nihil.

Menurut dokter Stephanus Nurdin yang mendalami bidang medical hypnotherapy,  kekuatan pikiran sangat penting untuk bisa membuat seseorang mampu tertidur. "Ketika pikiran bilang sulit tidur, maka hasilnya tak bisa tidur. Oleh karena itu penting untuk mensugesti bahwa Anda nanti malam bisa tidur nyenyak" terangnya di RSIA Budhi Jaya, Tebet kepada Liputan6.com (10/9/2014).

Dokter Ivan, panggilan akrabnya, juga menjelaskan bahwa dengan mengingat-ingat rasa kantuk di masa lampau mampu membawa pikiran kita untuk merasakan kantuk di masa sekarang.

"Coba rilekskan tubuh, kemudian ingat-ingat bagaimana mengantuknya keadaan di masa lampau. Misalnya saat mengikuti pelajaran di sekolah atau ke kampus dulu. Hal ini akan membawa rasa kantuk dapat terasa di masa sekarang," terang dokter yang akrab disapa dokter Ivan ini.

Jika hal di atas tak mampu membuat Anda tertidur coba dengarkan musik-musik meditasi. "Musik membantu mengkondisikan gelombang otak berada pada frekuensi Alpha yang akan membuat Anda merasa nyaman, rileks, terhindar dari perasaan cemas. Dampaknya seseorang jadi mudah tertidur," terang dokter Ivan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini