Sukses

Iklan Pengobatan Alternatif Menyesatkan

70 Persen pasien Kanker yang datang Ke RS Dharmais telah Stadium Lanjut dan datang dari berbagai pengobatan alternatif

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama RS Kanker Dharmais, dr. Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk, M.Epid menyesalkan banyaknya iklan pengobatan alternatif yang menyesatkan pasien kanker. Pasalnya, sebanyak 70 Persen pasien Kanker yang datang Ke RS Dharmais telah masuk Stadium Lanjut dan telah datang dari berbagai pengobatan alternatif.

"Pengobatan kanker memang mahal. Tapi akan jauh lebih mahal jika datang dalam kondisi stadium lanjut. Iklan alternatif menyesatkan itu membuat 70 persen datang dalam stadium lanjut. Macam-macam alasannya, ada yang berobat kemana dulu. Tentu saja sangat disayangkan, pengobatan alternatif juga mahal tapi keberhasilan kurang," kata Sonar saat diwawancarai wartawan di sela-sela kunjungan Menteri Kesehatan di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta, ditulis Selasa (9/9/2014).

Menurut Sonar, saat ini, jenis kanker yang paling sering ditangani RS Dharmais adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker paru, serta kanker nasofaring.

"Kanker kan gak diem, nggak kayak penyakit lain. Mereka datang ketika 1-2 tahun ke alternatif dulu, sehingga penyakitnya sudah menjalar," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini