Sukses

Kanker Paru Bisa Dideteksi dengan Thermometer

Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa suhu napas bisa jadi indikator adanya kanker dalam tubuh seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Kini mendeteksi adanya kanker paru-paru bisa dengan cara mudah yaitu dengan menghembuskan napas. Menurut peneliti Italia, suhu napas bisa jadi tanda ada tidaknya tumor di dalamnya.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Giovanna Carpagnano dalam European Respiratory Society International Congress,  ada 82 orang yang menunjukkan potensi terkena kanker paru-paru setelah dipindai dengan sinar X-ray. Orang yang memiliki kanker paru-paru memiliki temparatur napas lebih tinggi dibandingkan yang tidak, seperti dilansir Time, Selasa (9/9/2014).

Namun, sesungguhnya ada banyak faktor untuk menentukan temperatur napas. Salah satunya faktor merokok. Namun, temuan penelitian ini perlu dikaji ulang untuk membuktikan kebenarannya.

Meski belum teruji ulang, hasil penelian ini membuat para dokter semangat untuk bisa mendiagnosa kanker paru-paru dengan mudah, tanpa adanya biopsi jaringan paru-paru. Salah satunya dengan bau napas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kanker paru-paru merupakan penyebab kematian laki-laki nomor satu di Indonesia. Pada kanker paru-paru, sel paru menjadi abnormal & cancerous

    Kanker Paru-paru