Sukses

Sulit Kontrol Rasa Cemas, Tangkis dengan 5 Makanan Ini

Akibat rasa cemas berlebihan, membuat individu yang mengalaminya sulit untuk berkonsentrasi, mudah lelah, tidak sabar, mudah tersinggung

Liputan6.com, Jakarta Rasa cemas berlebihan merupakan salah satu gangguan paling umum yang dapat memengaruhi otak manusia. Setiap individu memiliki tingkat kecemasan yang berbeda-beda. Ada yang mampu mengontrol rasa cemasnya dengan sangat baik, ada pula yang tidak mampu mengontrol rasa cemasnya sama sekali.

Akibat dari rasa cemas berlebihan itu, membuat individu yang mengalaminya sulit untuk berkonsentrasi, mudah lelah, tidak sabar, mudah tersinggung, bahkan ada juga yang merasakan jantung berdetak lebih kencang, tangan basah, diare, dan sesak napas.

Untuk itu, mereka yang mengalami rasa cemas berlebihan memerlukan terapi sederhana agar mereka mampu mengontrolnya. Salah satu caranya dengan menyantap berbagai jenis makanan.

Di bawah ini terdapat 5 jenis makanan yang bermanfaat untuk mengontrol rasa cemas berlebihan, seperti dikutip Boldsky, Selasa (9/9/2014);

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1



1. Blueberry

Blueberry yang kaya akan antioksidan merupakan makanan yang dapat dipilih untuk menyembuhkan rasa cemas. Buah berwarna biru dan memiliki ukuran seperti gundu, mengandung gula yang lebih rendah dari jenis buah lainnya. Selain itu juga, blueberry kaya fitonutrien penting untuk tubuh.

3 dari 6 halaman

2




2. Cokelat hitam

Salah satu alasan yang membuat orang menghindari cokelat adalah takut membuat tubuhnya menjadi gemuk. Padahal, bila yang dikonsumsi adalah dark chocolate, maka manfaat yang akan didapatkan adalah mampu mengontrol rasa cemas.

Sebab, mengonsumsi cokelat hitam memiliki manfaat mengurangi sekresi kortisol, hormon yang berkaitan erat dengan rasa cemas dan stres cukup tinggi.

4 dari 6 halaman

3



3. Kacang

Kacang-kacangan seperti almond merupakan sumber yang sangat baik untuk mengontrol rasa cemas berlebihan. Kacang-kacangan kaya asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan kekuatan otak. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan zat besi, elemen yang berhubungan langsung untuk pencegahan komplikasi mental.

5 dari 6 halaman

4



4. Salmon

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3, flavonoid, dan sejumlah nutrisi lainnya bermanfaat untuk menyembuhkan rasa cemas berlebihan. Dan ini dianggap ampuh oleh sebagian orang yang pernah merasakan manfaatnya.

6 dari 6 halaman

5



5. Telur

Telur tersimpan sejumlah komponen penting untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin D, E, K, dan B6. Manfaatnya, tidak hanya untuk kecukupan protein sehat bagi tubuh, melainkan juga untuk mencegah rasa cemas berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.