Sukses

Dari 5K for Smiles 2014 untuk Pasien Celah Bibir

Hasil penggalangan dana acara ini, bakal diperuntukkan pasien celah bibir di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Hasil dari penggalangan dana yang dilakukan Bedah Mulut Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung diperuntukkan tidak hanya bagi pasien celah bibir dan langit-langit yang ada di Bandung saja, melainkan juga untuk seluruh pasien di Indonesia.

"Tidak hanya untuk pasien di Bandung saja, tapi bergerak untuk seluruh pasien di Indonesia," kata Ketua Umum 'Charity Run - 5K for Smiles 2014' Seto Adiantoro, drg., Sp.BM kepada Health-Liputan6.com di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (7/9/2014)

Beberapa hari lalu, kata Seto, timnya baru saja melakukan operasi celah bibir dan langit-langit secara gratis untuk masyarakat yang ada di Kalimantan dan Serang. "Besok rencananya, mau ke Kalimantan lagi. Lalu pada Oktober akan ke Ambon," kata Seto.

Melalui 'Charity Run - 5K for Smiles 2014' yang terselenggara berkat kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (FKG-UNPAD) dan Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) di bawah organisasi Persatuan Ahli Bedah Mulut Indonesia (PABMI), Seto berharap dana yang terkumpul dapat bermanfaat bagi para pasien dengan kondisi yang masih dianggap 'aneh' di Indonesia.

Seto melanjutkan, meski pasien dengan kondisi celah bibir dan langit-langit menjalani operasi, untuk terlihat normal seperti individu pada umumnya masih sulit dicapai. "Sebab akan ada bekas yang tertinggal," kata Seto menerangkan.

Hanya saja, Seto bersama tim berusaha semampunya untuk meminimalisir bekas tersebut. Meskipun tidak normal, tapi mendekati normal.

Untuk fungsi yang lain seperti berbicara, tambah Seto, masih sulit dicapai kecuali setelah operasi langi-langit pasien lekas latihan berbicara.

"Operasi itu pun harus dilakukan saat si pasien berusia sekitar dua tahun. Itu untuk langit-langit, yah," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.