Sukses

Veneer Gigi Awalnya untuk Perbaiki Gigi Kini untuk Kecantikan

Bila dulu individu berbondong-bondong mengawatkan giginya, kini tidak sedikit di antara mereka yang memilih teknik veneer demi tampil cantik

Liputan6.com, Jakarta Metoda pemutihan gigi dengan teknik veneer begitu booming di kalangan masyarakat elit perkotaan. Bila dulu individu berbondong-bondong mengawatkan giginya, kini tidak sedikit di antara mereka yang memilih teknik veneer demi tampil cantik dengan senyuman indah dan menawan.

Tapi tahukah Anda bahwa teknik veneer sudah lama ada, bahkan sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu?

Ya, jauh sebelum teknik ini digunakan untuk estetika (kecantikan), para dokter sudah menggunakan teknik veneer untuk mengobati pasien dengan kondisi kerapuhan email dan berlubang. Karena pasien membutuhkan suatu perlindungan, maka teknik veneer menjadi pilihannya.

Apabila saat ini teknik veneer begitu dicari dan digandrungi, maka para artis Hollywood memiliki `peran penting` atas tren yang cukup merogeh kocek. Bayangkan saja, demi mendapatkan senyum yang mampu membuat mereka terlihat lebih alami, mereka rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit agar dapat melakukan veneer.

"Setelah tren di Amerika dan Eropa, ilmu ini mulai dilirik dokter gigi di Asia. Melihat veneer itu memiliki beragam manfaat, maka di Indonesia sekarang ini, dimulai dari segelintir entertainer terkenal yang ingin mengubah profil wajah dan senyum, membuat masyarakat umum mulai menanyakan veneer," kata Drg. Tri Rahayu Oktaviani, FISID, MARS saat diwawancarai Health Liputan6.com di Alita Dental Aesthetic Clinic, Jl. Kyai Maja No. 15 Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ditulis pada Rabu (3/9/2014)

Wanita lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia pada 2002 menambahkan, fenomena ini pun juga dialami para ibu rumah tangga yang ingin tampil cantik dengan senyum merona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembeda veneer dengan teknik ortodontik lainnya



Pembeda veneer dengan teknik ortodontik lainnya

Veneer dan teknik ortodontik jelas berbeda. Teknik orto adalah teknik untuk merapikan gigi yang berantakan menggunakan cekat atau pasien akan dipasangan behel. Untuk mengubah profil wajah pasien agar terlihat lebih cantik dengan rupa dan paras yang menawan membutuhkan waktu yang cukup lama. "Selain itu, mereka pun harus rajin melakukan kontrol," kata dia

Sedangkan pada veneer, wanita berjilbab dengan paras menawan yang akrab disapa drg. Fifi menerangkan, teknik ini lebih memangkas waktu, setidaknya membutuhkan dua kali kunjungan dengan rentang waktu 5 sampai 7 hari.

"Kondisi itu membuat pasien merasa lebih cepat, yang pada akhirnya membuat ekspektasi akan veneer mulai timbul. Karena janji waktu dan perubahannya, pasti berubah," kata Fifi.

Wanita yang bergabung di Asosiasi Dokter Gigi di Dr Erwin Siregar, DDS, Spesilias Ortodonti melanjutkan, dengan teknik ortodontik gigi pasien tidak mungkin diubah, maka permukaan yang kuning akan tetap berwarna kuning. Kecuali, bila selesai melakukan perawatan sang dokter melakukan pemutihan (whitening).

"Whitening itu tidak permanen dan bersifat sementara, paling lama 1 tahun dan tentunya dengan perawatan khusus," kata Fifi. "Tapi, dengan veneer gigi yang membuat warnanya lebih putih, sampai kapan pun selagi dokternya merawat dan mengontrolnya, pasti warnya akan tetap seperti itu," kata Fifi menambahkan.

Fifi menjelaskan, teknik veneer harus dilakukan pada gigi yang sehat dan bersih. Maka, veneer harus dilakukan setelah pasien melakukan scaling terlebih dulu.

"Scaling adalah pelepasan karang gigi yang menempel di permukaan email dan gusi kita. Karang gigi nemplok, warna gigi terlihat lebih kuning, yang mana ternyata karang giginya itu banyak sekali. Dengan scaling, dokter akan membersihkan karang gigi dan membuat gigi lebih bersih dan sehat. Itu tujuannya," kata Fifi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.