Sukses

Bahaya Mengintai di Balik 3 Cangkir Kopi Sehari

Bagi para pecandu kopi, segera kurangi asupan kopi jangan sampai lebih dari tiga cangkir per hari. Hal ini memperbesar risiko diabetes.

Liputan6.com, London- Bagi pecinta kopi, ada baiknya mengurangi jumlah kopi yang dikonsumsi karena berisiko buruk bagi kesehatan. Apalagi bagi yang kecanduan kopi hingga lebih dari tiga cangkir per hari bisa melipatgandakan risiko terkena diabetes di kemudian hari.

Fakta ini diketahui oleh tim peneliti dari Italia yang memelajari 1.180 pasien berusia 18-45 tahun yang menderita tekanan darah tinggi namun tidak diabetes. Sekitar 87% diantaranya adalah minum kopi 1-3 cangkir per hari, 13% lainnya lebih dari itu.

Setelah enam tahun melakukan penelitian diketahui bahwa mereka yang minum kopi kurang dari tiga cangkir meningkatkan risiko diabetes hingga 34%, sedangkan pecandu kopi tingkat berat bisa sampai 50% risiko terkena diabetes.

"Studi kami menunjukkan bahwa minum kopi meningkatkan diabetes pada orang muda dan dewasa yang juga memiliki hipertensi. Kandungan kafein pada kopi memperlambat metabolisme tubuh," terang dokter Lucio Mos dari San Daniele Cardiology Hospital di Udinese.

Para peneliti pun menerangkan lebih lanjut bahwa orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas ditambah dengan kecanduan minum kopi buat risiko diabetes pun makin besar seperti dilansir Daily Mail, Kamis (4/9/2014).

Oleh karena itu, bagi Anda pecinta kopi tak ada salahnya sedikit demi sedikit asupan kopi yang masuk ke tubuh. Tentu Anda tidak ingin mendapatkan diabetes gara-gara tiga cangkir kopi per hari bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.