Sukses

7 Makanan Agar Senyum Indah Bebas Plak Gigi

Selain dengan sikat gigi, membersihkan plak di gigi juga bisa dibantu tujuh makanan berikut. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak senang mendapatkan senyuman manis dengan sederet gigi sehat dan bersih. Teratur menggosok gigi dan menggunakan benang bisa menjaga kesehatan gigi dan menyingkirkan gula dan partikel yang membentuk plak.

Jika plak dibiarkan saja akibatnya bisa mengganggu kesehatan gigi. Dimulai dari merusak enamel gigi, kemudian menyebabkan gigi berlubang.

Dokter Christine D. Wu, seorang peneliti kedokteran gigi anak-anak dari University of Illnois Chicago menerangkan kini sudah banyak penelitian yang menyebutkan mengonsumsi makanan tertentu dapat menjaga kesehatan mulut.

Buat gigi lebih sehat bebas plak dengan konsumsi makanan berikut seperti dilansir Live Science, Rabu (3/9/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teh

1. Teh

Dalam teh hitam dan hijau terdapat senyawa polifenol berfungsi memperlambat pertumbuhan bakteri yang berhubungan dengan rongga dan penyakit gusi. Berkumur dengan teh hitam selama satu menit 10 kali sehari menurut peneliti dari University of Illinois Chicago bisa mengurangi penumpukan plak dibandingkan yang berkumur dengan air.

2. Keju

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal General Dentistry pada usia 12-15 yang makan keju cheddar memiliki kadar asam yang rendah di mulut mereka dibandingkan yang makan produk olahan susu lain.

"Keju dapat menetralkan asam plak serta meningkatkan produksi air liur. Seperti sungai, air liur mencuci beberapa bakteri di mulut," terang dokter Wu.

3. Kismis

Meski manis, kismis tidak mengandung sukrosa yang biasa terdapat pada gula. Seperti kita ketahui bahwa gula membantu bakteri menempel pada permukaan gigi yang menghasilkan hadirnya plak.

Kismis juga mengandung phytochemical yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Makanan kaya vitamin

Makanan yang mengandung kalsium seperti keju, almond, dan sayuran hijau serta makanan tinggi fosfor seperti daging, telur, dan ikan dapat menjaga enamel gigi yang kuat dan sehat.

3 dari 3 halaman

Permen karet

5. Permen karet bebas gula

Saat mengonsumsi permen karet akan membuat gigi terus mengunyah. Aktvitas mengunyah meningkatkan sekresi air liur yang menghancurkan bakteri.

6. Susu

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Dental Association di bulan Juli, Wu dan teman-teman menemukan fakta bahwa minum segelas susu dapat menurunkan kadar asam di mulut melebihi air putih atau jus apel.

"Susu menetralkan beberapa asam yang dihasilkan oleh bakteri plak," terang Wu.

Namun, lanjut Wu, acapkali orang minum susu ditambahkan gula. Gula sendiri membuat hadirnya plak.

7. Cranberi


Seperti teh, cranberi mengandung polifenol yang dapat menendang plak di gigi sehingga menurunkan risiko gigi berlubang menurut sebuah studi dalam jurnal Caries Research. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini