Sukses

4 Cara Bermain dengan Alam untuk Perkuat Jantung

Bermain dengan alam adalah cara mudah tingkatkan kesehatan, terutama kesehatan jantung Anda.

Liputan6.com, Jakarta
Aktivitas sekolah, kuliah atau kantor membuat banyak orang terkungkung terlalu lama dalam ruangan. Atur dan siasati agar Anda tak melulu berada ruangan karena aktivitas di luar yang berinteraksi dengan matahari, udara bebas, pepohonan rindang. Beberapa penelitian menunjukkan hal-hal sederhana tersebut bisa memengaruhi kesehatan Anda.

Ini dia cara bermain dengan alam yang membantu kesehatan Anda lebih baik seperti dilansir Reader Digest, Senin (25/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berjalan di bawah sinar mentari pagi

1. Berjalan-jalan di bawah sinar mentari pagi
Saat pagi hari, sebelum jam 9, biarkan tubuh Anda dengan leluasa menerima pancaran matahari. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dengan paparan sinar matahari yang rendah memiliki tekanan darah yang tinggi.

Menurut peneliti, hal ini disebabkan karena oksida nitrat akan diproduksi usai terpapar sinar matahari. Oksida nitrat mencegah hadirnya pembekuan darah dan mengurangi serangan jantung dan risiko stroke.

Vitamin D dari sinar matahari juga baik untuk kesehatan jantung yang lebih baik. Lakukan aktivitas di bawah matahari pagi sekitar 15-30 menit untuk mendapatkan manfaat di atas.

3 dari 5 halaman

Bermain di taman atau hutan

2. Bermain di hutan
Di Jepang, mengunjungi taman atau hutan untuk penyembuhan yang disebut dengan "shinrin-yoku"atau mandi hutan  jadi aktivitas yang populer.

Setelah diuji lewat penelitian, diketahui bahwa seseorang yang menghabiskan waktu di taman atau hutan akan memiliki hormon stres kortisol yang lebih rendah, detak jantung normal, tekanan darah normal dibandingkan melewati area kota.

4 dari 5 halaman

Bertelanjang kaki di atas tanah

3. Bertelanjang kaki di atas tanah
Coba kapan Anda bertelanjang kaki menginjak tanah? Hmm pasti sebagian besar dari Anda butuh waktu lama untuk mengingatnya. Kehidupan masyarakat modern memang jarang bersentuhan langsung dengan tanah. Lebih sering menggunakan alas kaki, jika pun telanjang kaki itu di lantai atau keramik.

Jika memiliki lahan kecil di depan maupun rumah biarkan kaki Anda menyentuh tanah dan rumput yang disana. Bumi memiliki arus listrik dan kontak langsung telapak kaki ke tanah bisa menghadirkan elektron yang menghasilkan antioksidan kuat untuk tubuh.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa memijak tanah menguntungkan untuk memengaruhi fungsi tiroid, metabolisme gula darah darah dan hal-hal yang berkaitan dengan berkurangnya risiko penyakit jantung.

5 dari 5 halaman

Olahraga di luar ruangan

4. Berolaharaga luar ruangan
Tinggalkan pusat kebugaran Anda sejenak.  Coba berolahraga di luar ruangan seperti lari, bermain sepakbola atau olahraga luar ruangan lainnya. Dalam 11 penelitian di Inggris menyimpulkan bahwa olahraga di luar ruangan lebih mampu merevitalisasi tubuh, memberi lebih banyak energi, mengurangi kemarahan, ketegangan dan depresi dibandingkan yang berolaharga dalam ruangan.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini