Sukses

Berapa Banyak Telur Mesti Dikonsumsi Tiap Hari?

Pasalnya, selain memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, tapi telur tinggi akan kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Telur memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh kita, terlebih bagi mereka yang ingin menambah massa tulang. Namun, kita dibuat bertanya-tanya, berapa sebenarnya kita boleh mengonsumsi telur dalam sehari? Pasalnya, selain memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, tapi telur tinggi akan kolesterol.

Untuk itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui sejumlah fakta tentang telur, seperti dikutip Health Me Up, Kamis (14/8/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nilai gizi



Nilai gizi

Disebutkan bahwa telur merupakan inkubator bagi bayi ayam, sehingga mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.

Telur adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dan sebutir telur mengandung yodium, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin D. Selain dikenal sebagai sumber protein hewani, telur pun mengandung kolin dengan jumlah yang cukup tinggi, yang merupakan nutrisi penting bagi otak.

Maka itu, konsumsi telur secara rutin sangat dianjurkan bagi kita yang ingin menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Kolesterol



Kolesterol

Hal yang paling ditakutkan bila mengonsumsi telur adalah kuningnya. Sebab, kuning telur disebutkan tersimpan kolesterol cukup tinggi. Sebutir telur mengandung lebih dari setengah dari kebutuhan kolesterol harian kita.

Kondisi ini semakin diperparah ketika sejumlah ahli gizi mengatakan, bila kita kebanyakan mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, maka kolesterol dalam tubuh ikut meningkat, dan menyebabkan masalah jantung.

Perlu diketahui, sebenarnya kolesterol adalah zat terpenting yang diproduksi oleh hati, untuk membuat membran setiap sel dalam tubuh kita. Ini pun digunakan dalam produksi sejumlah hormon yang mengatur sistem reproduksi kita.

4 dari 4 halaman

Asupan mingguan



Asupan mingguan

Penelitian sebelumnya tidak merekomendasikan makan lebih dari enam telur dalam seminggu. Namun, penelitian terbaru telah menemukan bahwa kita dapat makan telur sebanyak yang diinginkan tanpa takut berisiko kolesterol tinggi.

Telur-telur zaman sekarang di beberapa negara dihasilkan dari ayam-ayam yang dipelihara dengan makanan ternak penuh nutrisi dan menyehatkan, terutama ternak-ternak yang dipelihara dengan cara organik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini