Sukses

Anda Depresi? Ini Tandanya

Tak hanya Robin Williams yang depresi, satu dari 10 orang pernah mengalami hal ini. Pastikan lakukan ini saat mengalami gejala depresi.

Liputan6.com, Jakarta Berita aktor dan komedian kawakan Robin Williams yang melakukan bunuh diri akibat depresi berat memang mengagetkan. Sebenarnya Williams tak sendirian, banyak orang sedang berjuang melawan depresi.

Paling tidak satu dari 10 orang di antara kita pernah mengalami depresi dalam perjalanan kehidupan. Seperti dilansir laman Independent, Rabu (13/8/2014) apa yang dialami Robin Williams bisa jadi peringatan bagi kita untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi depresi dan menghindarkan dari kemungkinan bunuh diri.

Berikut gejala yang biasa dirasakan oleh orang yang mengalami depresi.

1. Merasa bosan, sedih, atau tidak menikmati hal-hal yang biasanya jadi kesukaan atau ketertarikan.
2. Kehilangan percaya diri dan harga diri
3. Kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan
4. Menghindari orang lain, sendirian, dan mengisolasi diri
5. Perasan bersalah yang tidak semestinya, merasa tidka berharga, tidak berdaya, putus asa
6. Sulit tidur
7. Perubahan nafsu makan dan hilangnya gairah seksual maupun muncul masalah seksual
8. Sakit fisik
9. Berpikir tentang merugikan diri atau menyakiti diri
10. Ini yang paling berbahaya, berpikir tentang kematian maupun bunuh diri.

Saat merasakan gejala tersebut, orang depresi penting sekali untuk tetap terhubung dengan orang lain. Sam Challis, menejer informasi untuk kesehatan mental Mind mengatakan penting untuk membuka diri tentang apa yang Anda rasakan. Akuilah apa yang dirasakan kepada teman maupun keluarga dekat.

Hal ini akan sangat membantu orang depresi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta bisa mengarahkan kaum depresi untuk mengobati apa yang dialaminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini