Sukses

Obama Ditantang Mandi Es untuk Bantu Penderita ALS

Demi membantu para penderita ALS (amyotrophic lateral sclerosis), ribuan orang New York, AS mengguyur kepalanya dengan seember air es

Liputan6.com, Jakarta Demi membantu para penderita ALS (amyotrophic lateral sclerosis), ribuan orang New York, AS mengguyur kepalanya dengan seember air es. Tantangan ini ternyata merupakan aksi sosial untuk membantu penderita ALS.

Melansir laman Nydailynews, Rabu (13/8/2014), Asosiasi ALS menyampaikan apresiasinya kepada semua orang yang rela mengguyur tuibuhnya dengan es. Setiap orang yang berani, ternyata dihargai sebesar USD 100 atau sekitar Rp 1,1 juta.  

Tantangan mandi es ini juga dilakukan dan di upload ke media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter serta YouTube dengan hashtag #icebucketchallenge.

Hingga Senin (11/8) dana yang terkumpul, telah mencapai USD 1.350.000 atau sekitar Rp 15, 8 miliar.

Di kesempatan tersebut, istri senator Robert F. Kennedy, Kennedy (86) juga mandi es di Hyannis Port, Mass. Dalam videonya, Ia bahkan menantang Presiden Obama untuk mandi es juga.

"Selamat datang di Cape Cod, Presiden Obama. Saya menantang Anda untuk mandi es," katanya.

ALS ( Lou Gehrig's disease atau Amyotrophic Lateral Sclerosis) adalah penyakit saraf yang menyerang neuron yang mengendalikan otot lurik dan saraf motorik. Penyakit ini dapat menyerang sipapun dan belum diketahui penyebabnya.

Biasanya penyakit ini akan mengganggu saraf pada otot motorik atau pergerakan, mulai dari otak ke sumsum tulang belakang lalu ke otot. Akibatnya, otot motorik atau otot lurik yang berfungsi sebagai pergerakan tidak dapat menerima perintah otak.

Salah satu orang terkenal yang menderita ALS adalah Stephen Hawking. Hawking menderita ALS sejak usianya 21 tahun. Kini di usianya yang mencapai 70 tahun, Ahli fisika dan matematika lulusan Universitas Cambridge ini aktif mengajar dan menulis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.