Sukses

4 Manfaat Rutin Menulis Catatan Harian

Meski terkesan kuno, menulis catatan harian bisa membuat kesehatan seseorang jadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Bisa jadi hanya segelintir orang yang masih rajin menulis cerita kesehariannya dalam aktivitas sehari-hari. Namun, sepertinya Anda dapat mulai menulis diary kembali akan keluh kesah Anda hari ini. Siapa sangka, rutin menulis diary membuat seseorang mendapatkan empat manfaat berikut bagi kesehatannya seperti dilansir dari Good Housekeeping, Senin (11/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidur nyenyak

1. Tidur lebih nyenyak
Beberapa menit menuliskan perasaan dan pikiran yang terjadi hari bisa mengurangi kekhawatiran pada diri seseorang. The Institute of Health menyarankan untuk menuliskan segala sesuatu yang Anda ragukan dalam pikiran ke dalam tulisan. Ini membantu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.

3 dari 5 halaman

Emosi terjaga

2. Kesehatan mental dan emosi terjaga
Menurut studi yang dipublikasikan dalam Advances of Psychiatric Treatment, menuliskankan stres dan emosi yang sedang dilanda seseorang bisa memperbaiki kesehatan psikologisnya. Paling tidak merasa lebih baik dan depresi berkurang.

4 dari 5 halaman

Tingkatkan kesehatan fisik

3. Meningkatakan kesehatan fisik
Usai melakukan penelitian selama bertahun-tahun, peneliti dari Advances of Psychiatric Treatment menemukan manfaat luar biasa dari menulis diari, diantaranya:
- meningkatkan fungsi sistem imun tubuh
- mengurangi nyeri
- meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung
- tekanan darah jadi normal

5 dari 5 halaman

Penyembuhan

4. Membantu penyembuhan
Peneliti dari Selandia Baru mendapatkan fakta bahwa menulis catatan harian bisa membantu kesembuhan dari penyakit lebih cepat. Menulis bisa mengurangi tingkat hormon kortisol penyebab stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini